Contoh Harga Pasar dalam Kehidupan Sehari Hari

Diposting pada
Rate this post

Contoh Harga Pasar

Dalam berbagai jenis kegiatan ekonomi tentu kerapkali mendengar istilah mekanisme arti penawaran dan permintaan yang umumnya dalam mekanisme tersebut memiliki konsep kesepakatan harga yang diperoleh dari seorang pembeli dan harga yang ditawarkan dari seorang penjual.

Kesepakatan dalam proses penentuan harga pasar tersebut dilakukan untuk menjual barang atau produk yang sedang dipasarkan oleh penjual, sedangkan seorang pembeli dengan kesepakatan harga yang telah ditentukan dapat memperoleh barang atau produk yang dibutuhkan. Sehingga keduanya sama-sama memperoleh keuntungan, kondisi seperti ini kerapkali ditemukan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Harga Pasar

Harga pasar hakekatnya sangatlah erat kaitannya dengan proses penawaran. Oleh karena itu harga pasar dapat didefinisikan sebagai kesepakatan harga yang telah disetujui antara pembeli dan penjual melalui proses penawaran individu dan penawaran pasar.

Selain itu juga penentuan harga pasar umumnya juga dilakukan karena ada proses dalam arti permintaan dan penawaran dalam pasar.

Contoh Harga Pasar

Harga pasar dalam kehidupan sehari-hari ditunjukkan dengan beberapa contoh dibawah ini;

  1. Harga Subjektif, Harga yang ditetapkan karena adanya suatu opini atau pendapat seseorang tentang harga produk yang akan dijual.
  2. Harga Objektif, Harga pasar yang telah ditentukan secara bersama melalui kesepakatan antara pembeli dan penjual dalam transakasi ekonomi.
  3. Harga Pokok, Harga yang diperoleh dari harga asli produk tanpa mengambil keuntungan sama sekali.
  4. Harga Jual, Harga yang diperoleh dari harga pokok dengan penambahan nilai keuntungan yang telah ditetapkan oleh penjual atau produsen.
  5. Harga Pemerintah, Harga yang diperoleh atau ditetapkan oleh pemerintah secara langsung.
  6. Harga Bebas, Harga yang teradi secara bebas dipasaran karena adanya sebuah persaingan.
  7. Harga Dumping, Harga yang telah ditetapkan penjual, misalkan dengan penetapan harga ekspor yang lebih murah untuk mendapatkan pasar internasional sedangkan dalam pasar dalam negeri dijual dengan harga yang lebih tinggi.
  8. Harga Gasal atau Odd Price, Harga yang memiliki nilai tidak bulat dan biasanya terjadi pada harga produk-produk yang ada di mall, contohnya Rp9.999,00.
  9. Harga Daftar atau List Price, Harga yang ditunjukkan terlebih dahulu dan akan dikenakan potongan harga tertentu.
  10. Harga Neto atau Net Price, Harga yang wajib dibayar pembeli atau dikatakan pula sebagai harga bersih.

Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Harga Pasar

Adapun khususnya untuk tingkat harga pasar pada dasarnya dapat terjadi karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhi, diantaranya;

  1. Keadaan Perkonomian

Keadaan perekonomian yang semakin baik pada umumnya akan senantisa mempengaruhi harga dalam arti pasar. Begitu juga sebaliknya dalam keadaan perkonomian yang sedang buruk sekalipun hal itu akan berpengaruh pada harga pasar itu sendiri.

  1. Kurva Permintaan

Kurva permintaan akan menunjukkan tingkat pembelian pasar dengan berbagai harga yang telah ditentukan. Melalui kurva itulah, maka menimbulkan dampak reaksi dari berbagai individu yang mempunyai kepekaan pasar yang beragam.

  1. Biaya

Biaya adalah faktor penting dan menjadi bagian paling umum untuk masalah penentukan harga. Karena jika penetapan harga tidak sesuai maka suatu perusahaan dapat mengalami kerugian. Oleh karena itu, umumnya perusahaan akan menetapkan harga sebaik mungkin agar bisa menutup biaya produksi, maupun distribusi melalui penjualan produk yang berhasil dilakukan.

Dalam penetapan harga yang tepat ini maka diperlukanlah suatu manajemen yang baik khususnya pengetahuan tentang keseimbangan harga dalam pasar yang dapat memberikan keuntungan pada perusahaan.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh harga dasar dan faktor yang dapat mempengaruhinya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *