Contoh Good Governance di Pemerintahan, Sekolah, dan Keluarga

Diposting pada

Contoh Penerapan Good Governance

Pernahkah anda mendengar istilah good governance?. Pada dasarnya good governance atau disebut juga dengan istilah tata kelola pemeritahan merupakan suatu konsep yang berfokus pada prinsip-prinsip dalam sistem pemerintahan dengan baik.

Tentunya tujuan dan manfaat good governance juga berhubungan pula dengan konsep-konsep yang ada di dalam demokrasi. Seperti hak asasi manusia, pembangunan dan pertumbuhan masyarakat secara luas, maupun pada berbagai kegiatan masyarakat sipil. Oleh karena itulah penerapan dalam good governance dilakukan dalam berbagai sisi kehidupan, baik dalam sistem pemerintahan, sekolah, atau unit terkecil sekalipun. Yaitu kelaurga.

Good Governance

Istilah good governance, pada umumnya kata tersebut berasal dari dua kata yaitu good dan governance. Arti kata good dalam bahasa asing adalah baik, dimana makna dari arti kata ini yaitu suatu niai-nilai baik yang mampu menjunjung tinggi harapan dan keinginan rakyat serta dapat meningkatkan segala bentuk kemampuan untuk mencapai tujuan yang sebelumnya telah dirancang.

Sedangkan kata governance memiliki arti pemerintahan, maknanya yaitu pemerintahan mampu melakukan berbagai fungsinya dalam menjaga suatu negara dengan cara yang efektif  dan efisien untuk mencapai segala tujuan nasional yang telah ditetapkan pada UUD 1945 alinea IV.

Dua kata tersebut ketika digabung menjadi satu kesatuan memiliki makna sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan tindakan untuk mengendalikan, mengarahkan, dan mempengaruhi semua permasalahan publik atau masyarakat dalam mencapai nilai-nilai kebaikan yang diharapkan pada kehidupan sehari-hari.

Contoh Penerapan Good Governance

Adapun untuk bentuk penerapan daripada ciri good governance sebagai proses penyelenggaraan pemerintahan dalam suatu negara ataupun keluarga. Dimana setiap proses tersebut mampu dilakukan secara bersama, kompak, solid dan bertanggung jawab.

Sehingga cara kerja dalam proses pemerintahan itu sendiri juga dapat dilakukan dengan efisien dan efektif, sehingga mampu menjaga kesinambungan interaksi sosial dari berbagai sumber daya di suatu negara mulai dari arti masyarakat hingga sektor swasta. Penerapannya, antara lain;

  1. Pemerintahan Indonesia

Penerapan good governance yang ada di Indonesia khususnya pada dunia pemerintahan itu sendiri sebetulnya dirintis sejak era reformasi. Pada waktu tersebut sedang terjadi perubahan dalam sistem pemerintahan yang berujung pada penuntutan proses demokrasi yang bersih. Dari sinilah good governance dijalankan dan dijadikan sebagai salah satu alat reformasi yang mutlak sekaligus diterapkan dalam pemerintahan baru.

Namun, apabila dilihat dalam perkembangan reformasi yang telah berjalan dalam belasan tahun ini, maka penerapan good governance belum bisa dikatakan berhasil secara maksimal. Artinya masih ada beberapa hal yang menjadi kendala, kecurangan maupun kebocoran dalam berbagai pengelolaan pemerintahan mulai dari anggaran dan akuntansi yang merupakan dua hal penting dalam proses good governance.

Akan tetapi, contoh penerapan good governance dalam bidang pemerintah walaupun belum menunjukkan hasil yang maksimal bukan berarti hal tersebut dikatakan bahwa penerapan tersebut gagal untuk dilaksanakan. Karena pada dasarnya sudah ada banyak solusi yang bisa diterapkan atau dilakukan pemerintah untuk menciptakan iklim good governance yang baik.

Beberapa cara tersebut diantaranya yaitu keterbukaan berbagai informasi terhadap publik terutama mengenai APBN. Tujuannya agar masyarakat bisa ikut serta atau berpartisipasi dalam menciptakan kebijakan dan mengetahui tarnsparansi secara langsung pada proses pengelolaan APBN maupun BUMN.

Oleh karena itu, penerapan good governance dalam pemerintahan harus selalu mengacu pada prinsip-prinsip akuntabilitas manajerial, agar suatu saat segala bentuk tanggung jawab dan keasliannya bisa dibuktikan dengan baik. Selain itu, contoh penerapan good governance dalam pemerintah ini juga diwujudkan dengan terciptanya undang – undang, peraturan maupun lembaga-lembaga penting yang dapat membantu segala pelaksanaan kegiatan dalam bidang pemerintahan.

Sebagai informasi bahwa penerapan good governance di negara Indonesia pada dasarnya memberikan dampak yang begitu baik dalam bidang pemerintahan. Bahkan bukan hanya memberikan pengaruh positif dalam dunia pemerintahan, akan tetapi juga berdampak baik dalam badan usaha non-pemerintah yaitu dibuktikan dengan lahirnya good corporate governance.

Oleh sebab itu harapannya dengan adanya good governance ini diharapkan negara Indonesia akan semakin berkembang dan bangsa Indonesia mampu masuk dalam susunan suatu pemerintahan yang bersih, amanah, serta tanggung jawab.

  1. Sekolah

Penerapan good governance tidak hanya ada dalam bidang pemerintahan seperti yang telah dijelaskan diatas. Akan tetapi penerapan good governance juga terjadi dalam dunia sekolah. Pada umumnya good governance di sekolah adalah salah satu hal yang bisa mengatasi kesenjangan antara harapan masyarakat, terutama orang tua dalam menghadapi segala proses transformasi pendidikan yang dilaksanakan di sekolah.

Beberapa contoh penerapan good governance disekolah yaitu sebagai berikut ini;

  1. Pelaksanaan kegiatan di sekolah dilakukan melalui proses transformasi pendidikan yang baik. Tujuannya yaitu agar sekolah mampu mencetak dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Selain itu lulusan-lulusan tersebut juga sesuai dengan salah satu indikator yang dibutuhkan oleh masyarakat luas, sehingga para peserta didik bisa terjun langsung dalam dunia nyata untuk berkontribusi dalam kehidupan masyarakat.
  2. Penerapan good governance di sekolah juga dutunjukkan dengan adanya pengelolaan manajemen sistem sekolah yang lebih baik dan dari hal tersebut sekolah mempunyai citra yang baik dalam lingkup masyarakat karena mampu menunjukkan akuntabilitas yang kuat.
  3. Good governance di sekolah juga mampu membuat peningkatan partisipasi masyarakat, khususnya dalam hal pengembangan sekolah melalui berbagai kegiatan atau proses-proses yang dilalui dengan penerapan prinsip – prinsip good governance.
  4. Contoh penerapan good governance di sekolah yang terakhir yaitu sekolah dijadikan sebagai learning community dan sarana untuk mempelajari hal-hal tentang peran kepemimpinan sekolah.
  1. Keluarga

Selanjutnya, good governance juga memberikan peran penting dalam kehidupan keluarga. Berikut dibawah ini yang termasuk contoh penerapan good governance di keluarga adalah :

  1. Masing-masing anggota keluarga diberi hak dan kewajiban untuk mampu melakukan berbagai aktivitas dan diharapkan dapat meanjalankan kehidupan secara bersama.
  2. Setiap anggota keluarga diberi kesempatan khusus untuk selalu bisa menyampaikan pendapat, keinginan, ataupun hal-hal yang dirasa kurang sesuai dengan dirinya sendiri agar dapat dilakukan sebuah musyawarah secara bersama.
  3. Dalam sebuah keluarga, masing-masing anggota harus belajar menghargai, mendengarkan, dan bertoleransi terhadap sesama anggota lainnya agar tercipta kedamaian dan kerukunan.
  4. Masing-masing anggota keluarga memiliki hak untuk bisa memberikan jalan keluar atau ide dari setiap permasalahan yang muncul dalam keluarga.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa good governance ini awalnya muncul pada masa reformasi dan seringkali di hubung-hubungkan dengan berbagai macam tuntutan yang ingin adanya kualitas pelayanan baik untuk masyarakat.

Selain itu good governance juga bermaksud untuk mendorong atau meningktakan segala kegiatan ekonomi, memperbaiki segala bentuk profesionalitas, memajukan sikap akuntabilitas dan transparani terhadap segala bentuk kegiatan negara.

Oleh karena itu dengan adanya good governance ini diharapkan negara Indonesia bisa terbebas dari yang namanya praktik korupsi, kolusi, nepotisme (KKN).

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan contoh penerapan good governance yang ada di dalam pemerintahan, sekolah, dan keluarga. Semoga saja mampu memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *