Contoh Globalisasi Ekonomi dalam Berbagai Bidang

Diposting pada

Globalisasi Ekonomi

Di era yang serba modern ini, ada banyak sekali hal yang tidak dapat kita hindari. Salah satunya adalah kemajuan teknologi yang kemudian mendorong adanya globalisasi. Globalisasi memberikan kita kemudahan dalam melakukan berbagai aktivitas khususnya yang berkaitan dengan negara-negara lain di dunia. Bahkan, adanya globalisasi ini tidak hanya berdampak pada bidang teknologi saja, melainkan sudah merambah ke berbagai bidang yang lainnya seperti kegiatan ekonomi, politik, sosial, dan pendidikan.

Semua bidang tersebut saling terintegrasi antara negara satu dengan negara yang lainnya. Ada banyak sekali contoh globalisasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini akan memaparkan contoh dari globalisasi tersebut, khususnya pada globalisasi ekonomi.

Globalisasi Ekonomi

Globalisasi ekonomi adalah serangkaian kondisi dimana tidak adanya batas letak geografis Indonesia dalam melakukan aktivitas-aktivitas perekonomian baik secara nasional, regional, dan internasional.

Globalisasi di bidang ekonomi sering disebut dengan globalisasi perekonomian. Fenomena ini sering kali terlihat dalam proses kegiatan ekonomi serta proses perdagangan yang mana negara di seluruh dunia menjadi satu dalam kekuatan arti pasar internasional tanpa adanya hambatan batas territorial negara.

Dampak positif yang ditimbulkan oleh adanya globalisasi perekonomian ini ialah mampu membuka peluang produk dalam negeri untuk dapat dijual di pasar kancah internasional. Namun, hal sebaliknya pun berlaku yaitu dapat membuka kesempatan negara lain untuk menjual produknya di dalam negeri. Oleh karena itu, globalisasi perekonomian dapat memberikan dampak positif dan negatif.

Contoh Globalisasi Ekonomi

Contoh globalisasi perekonomian dapat dilihat dalam berbagai bidang seperti investasi, perdagangan, tenaga kerja, dan lain sebagainya. Berikut penjelasannya;

  1. Kegiatan ekspor

Kegiatan ekspor adalah menjual hasil produksi dalam negeri keluar negeri yang merupakan contoh dari globalisasi ekonomi. Misalnya, negara Indonesia mengekspor rempah-rempah ke negara lain. Dengan demikian, tidak ada lagi hambatan mengenai batas geografis antar negara karena produk dalam negeri pun dapat dijual ke luar negeri.

Terdapat dampak negatif dan positif. Negatifnya, negara yang dimasuki produk ekspor bisa saja kehilangan pangsa pasarnya dan berakibat pada volume produksi. Namun, dampak positifnya adalah negara yang melakukan ekspor dapat meluas pangsa pasarnya.

  1. Kegiatan impor

Kegiatan impor adalah kebalikan dari ekspor, yaitu membeli atau memasukkan produk luar negeri ke dalam negeri. Misalnya, contoh barang impor negara Indonesia mengimpor tas-tas branded dari New York. Mudahnya kita untuk memperoleh produk-produk luar negeri dapat dikatakan contoh globalisasi karena tidak adanya hambatan yang berarti hubungan perdagangan antara negara-negara di dunia.

  1. Arus investasi usaha

Adanya globalisasi juga mendorong adanya kebebasan arus modal antar negara. Hal ini mempengaruhi arus investasi. Misalnya, negara-negara di dunia menginvestasikan modal pada usaha-usaha di Indonesia, seperti misalnya PT. Freeport Indonesia. Kebebasan arus modal ini mencerminkan tidak adanya rintangan yang berat untuk tumbuhnya investasi asing di suatu negara.

  1. Tenaga kerja

Dengan adanya globalisasi perekonimian bidang tenaga kerja ini, maka human movement  akan lebih mudah dan perusahaan-perusahaan global mampu untuk memanfaatkan tenaga kerja dari berbagai belahan dunia yang sesuai dengan kelas dan spesifikasi yang diperlukan.

Sebagai contoh, adanya penggunaan staf professional yang dipanggil dari tenaga kerja yang memiliki pengalaman kerja internasional. Contoh lain, bannyaknya kebutuhan buruh kasar dan biasanya diperoleh dari negara-negara berkembang.

  1. Huhubungan kerjasama MEA

Melalui organisasi MEA (Masyakarat Ekonomi ASEAN) dapat memudahkan para produsen untuk menjual produknya ke luar negeri melalui kerjasama yang lebih mudah dilakukan oleh berbagai negara-negara yang ada di kawasan ASEAN.

  1. Transaksi jual beli online di e-commerce

Saat ini, platform e-commerce sudah sangat luas jangkauannya hingga ke negara lain sehingga lebih mudah untuk membeli barang luar negeri hanya melalui ponsel. Sebagai contoh, masyarakat Indonesia menggunakan platform aplikasi shopee untuk membeli perlengkapan rumah tangga dari negara lain melalui pembelian online pada toko-toko bertanda luar negeri.

  1. Sistem keuangan modern (cashless) dengan e-money

Melanjutkan dari contoh transaksi jual-beli melalui e-commerce pada bagian sebelumnya, masyarakat yang terlibat proses jual-beli online tentu melakukan pembayaran melalui e-money. Misalkan, untuk melakukan pembayaran produk yang dibeli melalui e-commerce toko luar negeri, akan lebih mudah apabila dilakukan pembayaran secara online juga seperti dengan shopeepay ataupun dengan transfer.

  1. Banyaknya perusahaan dan produk asing yang masuk

Melalui regulasi yang terjalin antar negara di dunia, maka perusahaan asing dapat dengan mudah mengirimkan produknya ke dalam negeri.

Contohnya, produk barang-barang elektronik dapat mudah masuk ke Indonesia seperti handphone buatan luar negeri yang banyak diminati. Namun, masuknya barang luar negeri tersebut akan tetap dikenai bea masuk yang kemudian menjadi pendapatan negara.

  1. Terciptanya mesin canggih untuk proses produksi

Mudahnya masuk produk-produk luar negeri ke dalam negeri juga memberikan keuntungan bagi negara. Hal ini dapat dilihat pada masuknya material-material yang digunakan untuk menciptakan mesin-mesin canggih yang membantu proses produksi.

  1. Terbukanya pasar bursa internasional

Adanya kemudahan investor luar negeri untuk menanamkan modalnya ke dalam negeri tidak terlepas dari adanya pasar bursa internasional. Oleh karena itu, globalisasi ekonomi juga mendorong terbukanya pasar bursa internasional.

  1. Terkait produksi

Perusahaan-perusahaan di berbagai negara memanfaatkan adanya globalisasi ekonomi ini untuk melakukan proses produksi di berbagai negara.

Tujuannya adalah agar biaya produksi lebih rendah, karena dimungkinkan apabila ia memproduksi di negara lain maka akan diperoleh biaya tenaga kerja yang lebih murah jika dibandingkan ketika ia memproduksi di negaranya sendiri.

Contohnya, tempat makan seperti Mc Donald membuka cabangnya diberbagai negara salah satunya juga di Indonesia yang biaya tenaga kerjanya adalah masih rendah. Sehingga, profit usahanya akan lebih tinggi bagi mereka dan bagi Indonesia adanya usaha tersebut dapat menyerap tenaga kerja.

  1. Pembiayaan

Perusahaan-perusahaan global memiliki akses dalam memperoleh pinjaman atau memperoleh kesempatan investasi di berbagai negara. Contohnya, PT. Jasa Marga yang memperluas jaringan jalan tol dengan pemanfaatannya pada sistem pembiayaan pola BOT dengan mitrakerjanya dari berbagai negara.

  1. Jaringan informasi

Melalui jaringan informasi yang semakin canggih, dapat membantu dalam memperluas pasar khususnya ketika melakukan promosi. Misalnya, iklan Coca Cola yang disiarkan di berbagai negara. Sehingga, selera konsumen akan menuju pada selera yang berlaku secara global.

Kesimpulan

Globalisasi ekonomi merupakan bentuk turunan dari kata global yang artinya menyeluruh atau mendunia. Globalisasi berarti bahwa hubungan yang menyeluruh atau mendunia serta adanya peningkatan keterkaitan antar negara di dunia melalui bidang yang memiliki motif ekonomi.

Adanya globalisasi ekonomi ini ditandai dengan tidak lagi ada batas territorial atau batas geografis antar negara dalam melakukan hubungan dan kerjasama.

Semakin tidak dianggapnya batas geografis ini dikarenakan adanya beberapa faktor seperti, komuikasi yang semakin baik kecanggihannya sehingga berbagai informasi dapat mudah diakses meskipun dari negara lain, alat transportasi yang semakin beragam dan mampu menjangkau berbagai negara, serta adanya lintas devisa yang bebas karena perekonomiannya yang terbuka.

Itulah tadi artikel yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan contoh-contoh globalisasi yang ada dalam bidang ekonomi. Semoga melalui postingan yang kami selesaikan dan bagikan pada kalian ini bisa membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *