Contoh Barang Ekspor Indonesia ke Negara Lain

Diposting pada

Jenis Barang Ekspor Indonesia

Aktivitas dalam kegiatan ekonomi dan bisnis dirasa sudah tidak asing lagi dilakukan oleh negara-negara yang ada di Dunia. Tentu saja aktivitas ekonomi dan bisnis tersebut dilakukan guna untuk memenuhi kebutuhan dan pemenuhan kebutuhan.

Kegiatan tersebut adalah kegiatanalah satu aktivitas motif ekonomi dan bisnis yang dilakukan oleh Indonesia adalah kegiatan ekspor dan kegiatan impor. Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang melakukan aktivitas ekonomi dan bisnis. Salah satu aktivitas yang dilakukan oleh Indonesia adalah kegiatan ekspor.

Ekspor

Ekspor adalah distribusi produk baik barang ataupun jasa yang dijual ke penduduk suatu negara lain. Selain itu, ditambah dengan adanya jasa-jasa yang dilakukan kepada penduduk negara tujuan berupa angkutan permodalan dan hal lain yang berkaitan dengan aktivitas ekspor.

Pengertian Ekspor

Ekspor adalah sistem perdagangan yang dilakukan dengan cara mengeluarkan barang dari dalam negeri ke luar negeri berdasarkan ketentuan yang berlaku. Aktivitas ekspor juga mencakup seluruh barang maupun jasa yang dijual negara tertentu ke negara lain.

Pengertian Ekspor Menurut Para Ahli

Adapun menurut pendapat yang telah dikemukakan oleh para ahli, definisi ekspor ini antara lain adalah sebagai berikut;

Amir M.S

Ekspor merupakan upaya menjual komoditas dari suatu negara ke negara lain. Tujuannya adalah mengharap pembayaran dalam bentuk valuta asing dan melakukan komoditi menggunakan bahasa asing.

Dari penjelasan yang telah dikemukakan diatas, maka diketahui bahwa ekspor merupakan aktivitas perdagangan baik barang maupun jasa dari dalam negeri ke luar negeri berdasarkan aturan dan ketentuan yang berlaku. Ekspor juga merupakan salah satu faktor penentu dalam perekonomian setiap negara, termasuk Indonesia, karena dengan melakukan kegiatan ekspor, pendapatan negara dapat bertambah.

Contoh Kegiatan Ekspor Indonesia

Berikut ini adalah contoh barang ekspor yang sering dilakukan oleh indonesia, antara lain;

Karet

Karet merupakan sebuah produk komoditi yang banyak digunakan sebagai peralatan, mulai dari peralatan rumah tangga hingga peralatan industri. Indonesia dikenal sebagai penghasil karet terbesar kedua yang ada di dunia setelah negara gajah putih yaitu Thailand.

Jumlah suplai karet alam Indonesia tenyata merupakan hal yang penting untuk pasar global. Sejak tahun 1980an, industri karet Indonesia telah mengalami pertumbuhan produksi yang cukup stabil.

Hampir setengah dari karet yang diekspor dikirimkan ke negara-negara Asia lain, kemudian diikuti oleh negara-negara di Amerika Utara dan Eropa. Kebanyakan produksi karet Indonesia berasal dari Aceh, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, Riau, Jambi, Kalimantan Barat.

Penggunaan karet oleh masyarakat indonesia kebanyakan diserap oleh beragam definisi industri-industri manufaktur Indonesia (terutama sektor otomotif). Indonesia memiliki negara tujuan yang cukup dikenal dikalangan masyarakat luas, negara tersebut yang paling banyak mengimpor karet alam yaitu seperti negara Amerika Serikat (AS), Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, Singapura, dan Brazil.

Sawit

Ekspor minyak kelapa sawit adalah salah satu sektor penghasil devisa yang paling besar dan paling penting di Indonesia. Industri kelapa sawit ini juga memberikan kesempatan lowongan kerja bagi jutaan orang Indonesia. Pada saat ini, Indonesia merupakan penghasil minyak sawit serta negara yang melakukan ekspor minyak sawit yang terbesar di seluruh dunia.

Dalam jangka panjang, arti permintaan berbagai dunia akan minyak sawit menunjukkan tren demand yang memiliki kecenderungan meningkat sejalan dengan peningkatan jumlah populasi dunia yang karenanya akan berdampak kepada meningkatnya konsumsi produk-produk dengan bahan baku minyak sawit.

Kelapa sawit yang dihasilkan dan diproduksi di Indonesia sebagian kecil dikonsumsi sendiri di dalam negeri sebagai bahan mentah untuk pembuatan minyak goreng, oleochemical, sabun, margarine, dan sebagian besar lainnya diekspor dalam bentuk minyak sawit atau Crude Palm Oil (CPO) dan minyak inti sawit atau Palm Kernel Oil (PKO).

Indonesia melakukan ekspor minyak sawit ke berbagai negara yang ada di dunia, negara-negara tersebut adalah; Hongkong, India, Vietnam, China, Jerman, Singapura, Korea Utara, Italia, Malaysia, Thailand, Spanyol, Taiwan, Jepang, Kamboja, Sri Lanka, Prancis, Filipina, Amerika Serikat, Meksiko.

Kopi

Sepertinya, tak usah diragukan lagi bahwa Indonesia adalah termasuk negara pengekspor kopi terkuat  yang ada di dunia. Kopi yang dihasilkan oleh indonesia tersebut bahkan sudah menjadi komoditas ekspor tingkat dunia yang dianggap penting.

Bahkan berdasarkan data yang diperoleh dari International Coffee Organization (ICO), tiga besar eksportir kopi dunia adalah Brazil, Vietnam dan Indonesia. Indonesia sudah sejak lama mendapatkan predikat sebagai negara penghasil kopi serta eksportir kopi paling besar di dunia dengan mengekspor kopi yang memiliki kualitas terbaik.

Daerah penghasil kopi di Indonesia adalah Lampung dan Jawa tengah, seperti Temanggung dan Pati. Kebanyakan hasil produksinya adalah varietas Arabika dan Robusta yang berkualitas super dan kualitas rendah. Selain itu juga, Indonesia terkenal di dunia karena memiliki sejumlah kopi khusus yang salah satunya seperti ‘kopi luwak’.

Kopi Indonesia juga sangat diminati di kancah internasional. Negara-negara tujuan ekspor kopi Indoensia adalah: Malaysia, Amerika Serikat, Singapura, Korea Utara, Spanyol, Jerman, Prancis, Belanda, Inggris, Australia, Filipina, India, Kanada, Thailand, Jepang, Brasilia, Uni Emirat Arab, Estonia, Rusia, dan Selandia Baru.

Kakao

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Indonesia juga merupakan salah satu negeri penghasil kakao terbesar di dunia. Biji kakao merupakan salah satu produk pertanian yang diekspor oleh indonesia.

Dilihat dari segi ekspor, kakao merupakan penghasil devisa terbesar yang keempat di Indonesia yang diperoleh dari sektor pertanian setelah penghasil kelapa sawit, karet dan kelapa. Namun, sebagian besar ekspor kakao Indonesia ini merupakan biji mentahnya bukan kakao olahan.

Biji Kakao merupakan bahan dasar pembuatan cokelat dan bahan makanan lainnya. Sektor penghasil kakao tersebut memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian di Indonesia. Negara Indonesia juga berhasil menjadi negara yang menghasilkan kakao ketiga terbesar di dunia.

Daerah terutama penghasil kakao di Indonesia adalah, Salatiga, Jawa Tengah. Indonesia bekerja sama dengan berbagai negara untuk kegiatan ekspor, adapun negara-negara yang melakukan kegiatan dalam arti impor kakao dari Indonesia adalah Amerika Serikat, Jepang, China, Inggris, Belgia, Hongkong, Vietnam, Singapura, Prancis, Kanada, Australia, Malaysia, Taiwan, Rusia, Belanda, Italia, Jerman, Korea Selatan, dan Denmark.

Batu Bara

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki cadangan batu bara yang terbesar di dunia serta memiliki kualitas batu bara yang terbaik di dunia. Sektor pertambangan batu bara kini telah menggeliat dan mengepakkan sayapnya ke luar negeri.

Melalui sektor pertambagan batu bara juga memberikan dampak yang luar biasa terhadap pemasukan devisa negara.

Ini dibuktikan dengan berhasilnya Indonesia melakukan kegiatan ekspor batu bara ke negara seperti India, Vietnam, China, Taiwan, dan negara lainnya. Perusahaan tambang batu bara di Indonesia telah mengekspor produk hasil tambangnya ke berbagai negara yang ada di dunia. Perusahaan tambang batu bara kebanyakan tersebar di pulau Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera.

Udang atau Lobster

Indonesia saat ini masih menjadi negara eksportir produk udang atau lobster paling besar di ASEAN dan memiliki kualitas udang atau lobster terbaik di dunia. Thailand dan Vietnam yang menjadi pesaing berat dalam masalah ekspor produk udang atau lobster tersebut.

Pencapaian tersebut tidak lepas dari upaya pemerintah dalam menggenjot produksi dan peningkatan daya saing produksi produk perikanan nasional. Peningkatan ekspor tersebut juga terdapat peran yang sangat luar biasa dari para pengusaha, industri perikanan, para stakeholder untuk bisa dapat terjun langsung melihat peluang investasi yang ada.

Apalagi sesuai dengan tujuan Inpres Nomor 7 Tahun 2016, dimana hasil perikanan baik darat dan laut Indonesia harus mampu memberikan kesejahteraan, penyerapan tenaga kerja, dan penambahan devisa negara. Indonesia melakukan ekspor udang asli Indonesia yaitu ke negara-negara yang besar, negara tersebut adalah Jepang dan Amerika Serikat. Produk udang atau lobster yang di ekspor salah satunya dihasilkan dari Cilacap.

Ikan

Indonesia dikenal sebagai negara agraris dan kepulauan, selain itu juga Indonesia dikenal dengan negara maritim, sehingga sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Indonesia merupakan produsen ikan dan eksportir produk perikanan terbesar di dunia.

Indonesia memiliki beragam jenis ikan dengan kualitas terbaik didunia, baik itu dari hasil tangkapan laut maupun hasil budidaya.

Sektor perikanan memiliki kontribusi yang sangat besar bagi penyerapan tenaga kerja serta penyumbang pemasukan devisa negara. Adapun indonesia melakukan ekspor produk perikanan Indonesia yaitu ke negara-negara seperti Jepang, China, Amerika serikat, Turki, Qatar, Dubai, Inggris, dan negara Eropa lainnya.

Otomotif

Komoditi ekspor unggulan selanjutnya berasal dari sektor industri otomotif di Indonesia. Sektor industri otomotif di indonesia menjadi salah satu pilar penting dalam sektor manufaktur. Terlebih lagi, Indonesia mengalami masa transisi yang luar biasa dari hanya menjadi tempat produksi mobil menjadi pasar.

Indonesia mempunyai industri manufaktur mobil yang terbesar kedua di Asia Tenggara setelah negara Thailand. Industri otomotif yang ada di Indonesia, disamping memproduksi mobil dan suku cadang kendaraan bermotor untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri, juga melakukan pemasaran ke pasar internasional, baik untuk kebutuhan pasar suku cadang pengganti (replacement market/REM) maupun OEM.

Hasil produksi dari industri otomotif Indonesia memiliki negara tujuan ekspornya tersendiri seperti Amerika Serikat, Belgia, Jerman, Inggris, Belanda, Italia, Jepang dan lain- lainnya.

Elektronik

Selain sektor industri manufaktur otomotif, ternyata salah satu produk unggulan ekspor Indonesia yaitu di sektor produk elektronik. Sebgaian besar hasil dari sektor manufaktur berbasis elektronik tersebut sering diekspor ke beberapa negara utama tujuan ekspor yaitu seperi Singapura, Pilipina, dan Malaysia.

Beberapa komoditi elektronik yang dihasilkan di Indonesia juga telah masuk ke negara tujuan ekspor seperti ke negara Singapura, Amerika Serikat, Jepang, Hongkong dan yang lainnya.

Tekstil

Industri tekstil serta produk tekstil yang ada di Indonesia merupakan salah satu industri yang memiliki prospektif yang cukup cerah. Selain itu juga, Industri tekstil serta produksi tekstil tersebut sangatlah diprioritaskan untuk dikembangkan di dalam negeri karena merupakan penghasil devisa negara.

Sektor manufaktur tersebut memiliki peran yang strategis dalam perekonomian nasional yaitu selain sebagai penyumbang devisa negara, menyerap tenaga kerja dalam jumlah cukup besar, dan ternyata juga sebagai industri yang diandalkan untuk memenuhi kebutuhan sandang nasional.

Negara yang mengimpor produksi tekstil milik Indonesia adalah Amerika Serikat, Jepang, Turki, Korea Selatan, Inggris, Uni Emirat Arab, China, Brasilia, Malaysia, Belgia, Italia, Belanda, Spanyol, Kanada, Saudi Arabia, Thailand, Prancis, Vietnam, dan Taiwan.

Nah, itulah tadi penjelasan serta pengulasan secara lengkap yang bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan beragam contoh kegiatan ekspor pemerintah Indonesia yang dilakukan ke negara lain sampai saat ini. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *