Contoh Bioma Yang Ada di Indonesia

Diposting pada

Contoh Bioma di Indonesia

Bioma adalah area ekologi yang sangat besar di permukaan bumi, dengan fauna dan flora (hewan dan tumbuhan) yang beradaptasi dengan lingkungannya. Bioma bukan ekosistem, meskipun dengan cara itu bisa terlihat seperti ekosistem besar. Jika kita melihat lebih dekat, kita akan melihat bahwa tumbuhan atau hewan di salah satu bioma memiliki adaptasi khusus yang memungkinkan mereka ada di area tersebut. Kita akan menemukan banyak unit ekosistem dalam satu bioma.

Di Indonesia sendiri, terdapat beragam jenis bioma yang berkembang, diantaranya yaitu bioma hutan hujan tropis yang tersebar di Pulau Kalimantan, bioma hutan hujan musim yang tersebar di Jawa Tengah dan Jawa Timur, bioma padang rumput yang tersebar di Nusa Tenggara.

Bioma

Bioma merupakan komunitas tumbuhan dan hewan yang memunyai karakteristik umum untuk lingkungan tempat hidup mereka berada. Bioma dapat ditemukan di berbagai benua. Bioma adalah komunitas biologis berbeda yang telah terbentuk sebagai respons terhadap iklim fisik bersama.

Sementara bioma dapat mencakup area yang luas, mikrobioma adalah campuran organisme yang hidup berdampingan dalam ruang yang ditentukan dalam skala yang jauh lebih kecil. Misalnya, mikrobioma manusia adalah kumpulan bakteri, virus, dan mikroorganisme lain yang ada pada atau di dalam tubuh manusia.

‘Biota’ adalah kumpulan total organisme dari suatu perkembangan wilayah geografis atau periode waktu, dari skala geografis lokal dan skala temporal sesaat hingga skala skala spatiotemporal seluruh planet dan seluruh skala waktu. Biota Bumi membentuk biosfer.

Contoh Bioma di Indonesia

Berikut ini contoh dari jenis bioma yang ada di Indonesia yang tersebar pada beberapa wilayah ekoregion, antara lain:

Bioma Hutan Hujan Tropis

Biom hutan hujan tropis merupakan bioma yang terdapat di daerah tropis dengan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun. Intensitas hujannya berkisar antara 1800-2000 mm per tahun, dengan tingkat kelembaban hutan yang sangat tinggi rata-rata RH mencapai 80% atau lebih. Contoh bioma hutan hujan tropis di Indonesia:

  1. Hutan Hujan Tropis di Pulau Sumatera

Hutan hujan tropis Sumatera merupakan warisan tempat pelestarian dari beberapa spesies yang hampir punah, seperti harimau sumatra, orangutan sumatra, gajah sumatra, dan badak sumatra (spesies badak terkecil dan memiliki dua cula).

Luas keseluruhan hutan hujan tropis Sumatra yaitu 2,5 juta hektare yang terdiri atas 3 Taman Nasional di Sumatra, yaitu Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Tempat ini sebagai tempat tumbuh beragam jenis tumbuhan endemik seperti, kantong semar, Rafflesia Arnoldi, dan Amorphophallus titanum. Selain mempunyai keanekaragaman hayati yang tinggi, hutan hujan tropis Sumatra mejadi sumber mata pencarian bagi masyarakat yang tinggal di sana.

  1. Hutan Hujan Tropis di Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan memiliki biodiversitas atau keanekaragaman hayati berupa spesies maupun flora dan fauna yang khas di dalamnya. Tingginya biodiversitas di Kalimantan dipengaruhi oleh letak wilayahnya yang termasuk dalam bioma hutan hujan tropis.

Keanekaragaman hayati hutan hujan tropis juga menyimpan banyak keindahan alam, sehingga dijadikan sebagai salah satu lokasi wisata, misalnya ada di Kalimantan Timur yaitu hutan hujan tropis di Bukit Bangkirai, yang keindahan alamnya terlihat dari kondisi hutan yang lembab dengan pepohonan besar yang sebagian sudah diketahui jenisnya.

Selain itu, hutan hujan tropis di Pulau Kalimantan juga menyimpan bermacam-macam jenis satwa, salah satunya adalah orang utan.

Bioma Hutan Musim

Bioma hutan musim merupakan bioma yang biasanya terdapat di wilayah beriklim muson tropis  (iklim dengan musim kemarau dan hujan), dengan perbedaan antara musim kering dan musim basah yang seimbang dan jelas. Contoh bioma hutan musim di Indonesia, antara lain:

  1. Hutan Musim di Jawa Timur

Di Jawa Timur banyak terdapat hutan hujan tropis, yang terdiri atas hutan dengan vegetasi homogen, artinya hutan musim di Jawa timur kebanyakan hanya di dominasi oleh satu jenis pohon saja. salah satu jenis pohon yang bisa ditemukan di hutan musim Jawa Timur adalah Pohon Jati.

Salah satu ciri hutan musim di wilayah Jawa Timur yaitu ketika musim kemarau hutan akan terlihat gersang,  karena pepohonan yang di dominasi oleh jati ini akan menggugurkan semua daunnya.

  1. Hutan Musim di Sulawesi Selatan

Selain di Jawa Timur, hutan musim di Indonesia juga tersebar di wilayah Sulawesi Selatan. Kawasan hutan musim di Sulawesi Selatan memang sedikit berbeda dari yang lain, karena jenis flora dan fauna yang ada di wilayah tersebut ini memang berbeda, sehingga sangat jarang ditemukan jenis pohon yang biasanya ada di hutan musim, seperti jati dan sejenisnya.

Pada wilayah hutan musim ini, biasanya didominasi oleh pepohonan yang berdaun lebih kecil dan meruncing. Salah satu jenis yaitu Eboni dan beberapa jenis damar yang cukup terkenal.

Bioma Sabana

Bioma sabana merupakan bioma yang vegetasi penyusunnya sebagian besar berupa tumbuhan rumput yang diselingi oleh pohon-pohon dan semak belukar yang tumbuh jarang. Wilayah ini memiliki suhu yang panas sepanjang tahun, dengan curah hujan sekitar 90-150 cm/tahun.

Contoh bioma sabana di Indonesia, antara lain:

  1. Sabana di Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

Salah satu wilayah persebaran sabana yang ada di Indonesia adalah di Taman Nasional Baluran yang terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Taman nasional ini memiliki beragam vegetasi seperti hutan bakau, hutan rawa, hingga hutan hujan tropis, tapi padang sabana mendominasi taman nasional seluas 250 km2 dan sekitar 40% wilayah Taman Nasional Baluran, dengan jenis tanah aluvial dan vilkanik.

Beragam jenis fauna ada di wilayah Taman Nasional Baluran antara lain kerbau, kijang, rusa, banteng, kucing hutan, macan tutul, dan walet ekor jarum (Hirundapus caudutus).

  1. Sabana di Oro-oro Ombo, Jawa Timur

Selain di Taman Nasional Baluran, di Jawa Timur juga terdapat padang sabana lainnya, yaitu di Sabana Oro-oro Ombo yang terletak di Gunung Semeru. Oro-oro Ombo mempunyai arti ‘padang rumput yang luas’. Luas keseluruhan padang sabana ini mencapai 100 ha. Pohon pinus tumbuh subur di wilayah sabana ini.

  1. Sabana Sembalun

Sabana Sembalun terletak tak begitu jauh dari kawasan Gunung Rinjani yang ada di lombok.  Sabana ini merupakan salah satu jalur pendakian yang cukup terkenal dan selalu dilewati oleh para pendaki.

Bioma Stepa

Bioma stepa merupakan bioma padang rumput yang terbentang dari daerah tropis sampai ke daerah subtropis, dengan curah hujan sedikit, yaitu hanya sekitar 30 mm/tahun.

Contoh bioma stepa di Indonesia, misalnya:

  1. Stepa di Nusa Tenggara

Persebaran bioma stepa di Indonesia berada di Pulau Timor dan Nusa Tenggara. Kondisi tanah di Pulau Timor dan Nusa Tenggara umumnya yaitu ‘arid’, (kondisi tanah yang panas dan kering seperti gurun atau semi gurun).

Curah hujan yang turun di wilayah ini kurang dari 25 cm per tahun yang mengakibatkan kondisi tanahnya kurang subur. Dinamika penduduk di wilayah ini umumnya menggunakan padang rumput sebagai area perternakan sebab vegetasi yang dominan tumbuh adalah, yang berguna untuk pakan ternak mereka.

Bioma Tundra

Bioma tundra merupakan bioma yang terletak di wilayah yang tertutup es. Vegetasi yang dominan di wilayah ini adalah lumut kerak, rumput teki, tumbuhan terna, dan semak-semak pendek.

Contoh bioma tundra di Indonesia, misalnya:

  1. Tundra di Puncak Jayawijaya

Persebaran bioma tundra di Indonesia misalnya di Puncak Gunung Jayawijaya, Papua, karena wilayah ini beriklim es abadi yang dengan karakteristik yang cukup ekstrem yaitu suhu rata-rata yang rendah, bersalju, dan musim panas yang pendek.

Bioma Hutan Bakau/Mangrove

Bioma hutan mangrove merupakan bioma yang terdapat di lingkungan perairan payau, yang sangat dipengaruhi okeh keberadaan pasang surut air laut. Ciri khas bioma yang satu ini yaitu didominasi oleh tumbuhan mangrove atau tumbuhan bakau, yakni tumbuhan yang mempunyai akar mencuat ke permukaan.

Contoh bioma hutan mangrove di Indonesia, misalnya:

  1. Hutan Mangrove di Karimunjawa

Salah satu contoh hutan mangrove yang ada di Indonesia yaitu di Karimunjawa, Jawa Tengah. Di hutan mangrove ini, pengunjung  dapat melakukan trekking di atas jalur trek kayu sepanjang 1,3 km. Setelah berjalan sejauh kira-kira700 m, pengunjung bisa menemukan menara pandang tinggi yang dapat digunakan untuk melihat luasnya area mangrove Karimunjawa.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang telah disebutkan, dapatlah dikatakan bahwa setianya bioma ialah bagian unit-unit geografis di planet bumi yang berukuran besar, dengan didasarkan pada sejumlah perbedaan tipe-tipe klimaks dari serangkaian iklim, lingkungan, habitat pada flora dan fauna jumlahnya di Indonesia tidak terbatas adanya.

Itulah tadi artikel yang bisa kami selesaikan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh bioma yang mudah di temukan di Indonesia dalam keseharian. Semoga bisa memberi referensi serta literasi bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *