Contoh Bargaining dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Bargaining

Interaksi sosial merupakan suatu hubungan sosial yang melibatkan individu dengan individu, kelompok dengan kelompok ataupun individu dengan kelompok sehingga menciptakan hubungan yang dinamis. Adapun ciri dari interaksi sosial adalah adanya pelaku yang berjumlah lebih dari satu orang, adanya komunikasi antar pelaku dengan menggunakan simbol-simbol yang telah disepakati, adanya dimensi waktu yang menentukan sifat kegiatan yang sedang berlangsung, adanya tujuan tertentu dari pelaku yang terlibat dalam interaksi sosial.

Bargaining

Bargaining merupakan salah satu bentuk interaksi sosial yang melibatkan pelaku yang lebih dari satu dengan proses tawar menawar sehingga membentuk suatu kesepakatan bersama antara pihak satu dengan pihak lainnya dengan pertimbangan  win  win solution.

Adapun kegiatan yang dapat dikategorikan dalam bargaining di zaman modern ini banyak bentuknya baik secara online maupun offline.

Contoh Bargaining

Berikut ini agar lebih jelasanya merupakan contoh-contoh aktivitas bargaining dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, antara lain;

  1. Transaksi Penjual dan Pembeli di Pasar

Transaksi penjual dan pembeli dalam arti pasar tradisional merupakan salah satu bentuk bargaining secara offline. Aktivitas ini mempertemukan dua pihak yaitu penjual dan pembeli.

Adanya pertemuan tersebut dikarenakan adanya proses permintaan dan penawaran yang melibatkan antar kedua belah pihak untuk menemukan titik tengah yang menyepakati jumlah dan harga pasar yang berlaku pada barang atau jasa yang diinginkan.

  1. Transaksi Pengemudi dan Penumpang Aplikasi Online

Pada zaman modern ini peran internet sangat besar. Hal ini dikarenakan peran dari internet memiliki andil dalam kemajuan dan perkembangan dari banyak bidang. Internet juga menjadi salah satu strategi yang sangat strategis dan mudah diterima oleh masyarakat.

Adanya kemajuan internet memunculkan banyak start up yang berkompeten dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Salah satu contoh startup adalah aplikasi dalam berkendara online seperti gojek, grab, maxime dan masih banyak lagi.

Aplikasi tersebut menjadi salah satu sarana aktivitas bargaining berlangsung yaitu dengan adanya transaksi pengemudi dan penumpang aplikasi online. Pada transaksi ini pengemudi menawarkan harga sesuai dengan kesepakatan jarak dan standar harga dari system aplikasi.

Sedangkan penumpang dapat menentukan apakah akan mengambil proses penawaran tersebut menjadi suatu pesanan atau tidak. Selain itu, penumpang juga dapat menyertakan kupon atau diskon untuk menentukan harga final yang berlaku di aplikasi.

  1. Transaksi Jual Beli di Marketplace

Mudahnya akses internet pada zaman sekarang mempermudah semua aktivitas masyarakat saat ini. Aktivitas yang dilakukan secara fisik dapat dikurangi dengan menggunakan kemajuan internet oleh masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu dan jarak.

Contoh nyata kemudahan yang diperoleh dari hadirnya internet adalah terjadinya transaksi jual beli di marketplace. Marketplace merupakan wujud modernisasi dari pasar tradisional. Adanya pilihan barang dan jasa yang lebih banyak dan memiliki harga yang relative murah menjadikan marketplace tepat favorit masyarkat saat ini melakukan proses bargaining.

  1. Kesepakatan Gaji

Proses bargaining dapat berlangsung saat wawancara yang dilakukan oleh angkatan kerja yaitu mengenai kesepakatan gaji. Pada saat itu pihak pelamar dan perusahaan melakukan proses yang masuk dalam arti permintaan dan makna penawaran tingkatan gaji pada nominal tertentu.

  1. Kesepakatan Biaya Endorse Antara Penjual dan Public Figure

Dalam memasarkan suatu produk atau jasa diperlukan strategi yang tepat untuk meningkatkan suatu pendapatan. Salah satu strategi yang tepat saat ini yaitu menggunakan endorse public figure. Sebelum proses endorse berlangsung biasanya ada kesepakatan awal mengenai biaya endorse antara penjual dan public figure. Proses menuju kesepakatan kedua belah pihak tersebut dinamakan proses bargaining.

  1. Kesepakatan Keuntungan Antara Penjual dengan Reseller

Proses bargaining juga berlangsung saat terjadi kesepakatan keuntungan antara penjual dan reseller. Hal ini menentukan berapa harga grosiran yang belaku pada barang maupun pembagian presentase keuntungan pada sistem perdagangan konsinyasi.

  1. Hasil Final Open Tender Suatu Proyek

Pada hasil final open tender suatu proyek proses bargaining berlangsung ketika adanya kecocokan barang atau jasa dan harga yang sesuai dengan permintaan perusahaan yang berkaitan dengan vendor yang menawarkan harga proyek yang akan di lakukan dengan segala pengerjaannya.

  1. Perjanjian Kredit

Proses bargaining pada perjanjian kredit yaitu ketika pihak penjual menawaran jumlah barang yang di jual sedangkan konsumen dapat menentukan kesepakatan iuran keberapa barang tersebut akan dilunasi di kemudian hari.

  1. Pendidikan Nonformal

Aktivitas bargaining pada mendidikan nonformal terjadi apa bila permintaan akan les privat pada mata pelajaran tertentu dilakukan oleh pihak konsumen sedangkan penawaran tarif persesi dilakukan oleh pihak pengajar dalam pembelajaran yang akan berlangsung. 

  1. Serikat Pekerja dengan Perusahaan dalam Menentukan Tingkat Upah

Adanya kesepakatan gaji pada proses wawancara terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi para pekerja. Disini peran serikat berkerja akan menjadi sarana peyampaian pendapat dalam tuntukan

  1. Diplomat dalam Menentukan Kesepakatan Kerjasama Ekonomi antar Negara

Dalam menjalin hubungan yang baik dengan negara tetangga biasanya menggunakan politik kerjasama dalam kegiatan ekonomi. Selain digunakan untuk melakukan hubungan baik kesepakatan kerjasama ini juga digunakan untuk menambah pendapatan suatu negara atau bentuk dari pemenuhan kebutuhan akan barang atau jasa yang tidak bisa didapatkan negara tersebut.

Proses bargaining disini terjadi ketika permintaan akan barang atau jasa tertentu dilakukan oleh negara satu dan penawaran dilakukan oleh negara yang satunya dalam penentuan harga akan barang atau jasa yang ditawarkan.

  1. Penyelesaian Sengketa

Sengketa menurut KBBI merupakan sesuatu yang menyebabkan perbedaan pendapat; pertengkaran; perbantahan, Sengketa biasanya erat kaitannya dengan pengadilan karena pertikaian yang berkepanjangan.

Dalam sengketa dapat terjadi proses bargaining yaitu saat adanya proses diskusi yang didalamnya terdapat unsur permintaan dan penawaran akan proses penyelesaian sengketa tersebut bisa berupa materi ataupun hal lainnya.

  1. Asuransi Swasta

Proses bargaining pada asuransi swasta terjadi ketika permintaan akan fasilitas layanan di bidang pendidikan, kesehatan, otomotif ataupun bidang lainnya dari pihak konsumen berdasarkan kebutugan dan terjadi penawaran harga atas semua layanan yang diminta oleh pihak asuransi.

Adanya kesepakatan paket yang akan diambil akan mempengaruhi besaran premi yang akan disetorkan setiap bulannya.

  1. Transaksi Vendor dengan Kontraktor

Pada proyek  tertentu misalkan proyek yang dikerjakan kontraktor biasanya dibutuhan bahan-bahan material yang digunakan untuk pembangunan proyek tersebut. Dalam pemenuhan material tersebut biasanya menggunakan jasa vendor.

Sebelum memutuskan akan menggunakan vendor tertentu, proses bargaining dilakukan dalam menentukan permintaan dan penawaran akan harga material atau jasa yang dibutuhkan. Kecocokan dalam segi material atau jasa dengan harga yang diterapkan akan menentukan penggunaan vendor tertentu.

  1. Transaksi EO dengan Pemilik Acara

Penyelenggara acara adalah istilah untuk penyedia jasa profesional penyelenggara acara. Penyelenggara acara atau EO, namun umumnya istilah aslinya tetap dipergunakan. Pada dasarnya  tugas dari EO adalah membantu kliennya untuk dapat menyelenggarakan acara yang diinginkan.

Proses sosial bargaining disini berlaku pada awal kesepakatan yaitu apa saja yang akan dilakukan dalam acara, material atau konsep yang akan diterapkan ketika acara berlangsung, harga yang ditetapkan untuk melaksanakan acara sesuai dengan permintaan penyelenggara acara.

  1. Reschedule Jatuh Tempo Hutang

Proses bargaining akan berlangsung ketika terjadi kesepakatan antara pemberi hutang dengan penerima hutang mereschedule jatuh tempo hutang dan bunga denda yang akan diterapkan pada waktu berjalan. Hal ini dilakukan karena hutang tidak terlunasi sesuai kesepakatan awal.

  1. Transaksi Produsen dengan Perusahaan

Proses bargaining disini lebih menekankan akan sistem produksi nya. Kesepakatan material yang akan diproduksi menggunakan bahan baku apa dan metode apa. Selain itu, kesepakatan harga produksi per unit barang juga dilakukan pada bargaining antara  produsen dengan perusahaan.

  1. Nisbah Bagi Hasil

Nisbah Bagi Hasil adalah proporsi bagi hasil antara nasabah dan bank syariah. Proses bargaining disini adalah permintaan akan persenan bagi hasil dari nasabah dan penawaran produk dari perbankan.

  1. Kesepakatan Sewa Menyewa

Bargaining disini terjadi ketika permintaan sewa dengan satuan jam atau hari dari konsumen dan penawaran harga akan sewa barang dan jasa tersebut dari pihak pemilik barang atau jasa tersebut.

  1. Kesepakatan Pembelian Properti

Permintaan akan properti dengan lokasi dan fasilitas tertentu dari pihak konsumen dan penawaran harga yang ditawarkan dari pihak pemilik properti tersebut disebut dengan proses bargaining.

Nah, itulah tadi serangkain penjelasan serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan beragam contoh bargaining yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan wawasan kepada pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *