Contoh Bakat dan Minat dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Bakat dan Minat

Dalam hidup manusia sebagai makhluk ekonomi dan makhluk sosial akan ditemukan banyak hal maupun wawasan yang dapat dipelajari oleh setiap orang. Bahkan tak jarang individu satu dengan yang lain memiliki kegemaran yang berbeda-beda sesuai dengan apa yang mereka sukai.

Hal tersebut tentunya berkaiatan dengan ketrampilan yang sudah mereka punya baik karena bawaan dari lahir maupun di asah secara sedikit demi sedikit. Sebagai informasi bahwa setiap hal yang sesuai dengan ketrampilan manusia itu biasanya berhubungan dengan bakat dan minat. Meski kedua menjadi penjelasan yang berbeda, akan tetapi sejatinya saling berkaitan satu sama lainnya.

Bakat dan Minat

Bakat dan minat pasti bukan menjadi sesuatu yang asing. Namun kedua kata tersebut masih sering terjadi kesalahpahaman dalam mengartikannya. Walaupun keduanya bisa dikatakan sama-sama menyatu dan memiliki konsep yang mirip. Bakat dan minat pada umumnya berkaitan erat dengan kemampuan atas arti sikap yang dimiliki manusia.

Contoh Bakat dan Minat

Bakat yang identik dengan serangkaian kemampuan pada hakekatnya pasti dimiliki seseorang sejak mereka lahir dan dikembangkan dengan baik. Hal ini wajar, lantaran definisi bakat berhubungan dengan kemampuan alamiah yang digunakan untuk mendapatkan ketrampilan maupun pengetahuan dan bersifat umum.

Sedangkan minat adalah unsur kepribadian seseorang yang menggenggam peranan penting dalam pengambilan keputusan masa depan. Maka, berbagai jenis minat menjadi salah satu kecenderungan dalam diri seseorang agar tetap tertarik pada suatu hal tertentu yang telah disukainya.

Untuk menguraikan keduanya. Maka berikut inilah contoh aplikasi bakat dan minat yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

Contoh Bakat

Sebagai berikut :

  1. Bakat verbal

Bakat yang berkaitan dengan hal-hal yang di ucapkan atau di ungkapkan dalam bentuk kata-kata. Contohnya saja dalam keseharian yaitu terkait dengan adanya bakat menyanyi yang memang sudha dimiliki sejak lahir, dimana ia hanya perlu untuk mengelola intonasi vokalnya saja agar sesuai dengan keinginan masyarakat.

  1. Bakat numerical

Bakat yang berkaitan dengan hal-hal yang bentuknya angka. Misalkan saja bakat dalam menghitung atau kepandaian dalam hal matematika, sehingga pada saat lebih diasah lagi bisa menjadi akuntan atau mungkin pendidik matematika dan lain sebagainya.

  1. Bakat skolastik

Bakat yang berhubungan dengan kata-kata (logika) dan angka-angka (numerik). Biasanya bakat ini berupa sebuah penalaran, mencari keteraturan konseptual atau pola numerik, pandangan hidupnya umumnya bersifat rasional, mengurutkan, berpikir dalam pola sebab-akibat, menciptakan hipotesis. Bakat ini kemungkinan akan membawa seseorang menjadi para akuntan, ilmuwan, dan pemprogram komputer

  1. Bakat abstrak

Bakat yang kaitannya bukan pada hal kata maupun angka tetapi berbentuk diagram, pola, ukuran-ukuran, rancangan, bentuk-bentuk dan posisi-posisinya. Seseorang yang memiliki bakat semacam ini bisa jadi akan menjadi desainer yang hebat.

  1. Bakat mekanik

Bakat yang berkaitan dengan prinsip-prinsip umum IPA, tata kerja mesin, perkakas dan alat-alat lainnya. Kemampuan semacam ini bisa saja akan mengantarkan seseorang menjadi peneliti, pekerja otomotif dan lain sebagainya.

  1. Bakat relasi

Bakat yang berhubungan dengan hal yang diamati, menceritakan pola dua dimensi atau berfikir dalam 3 dimensi. Seseorang yang memiliki bakat tersebut biasaya akan memiliki tingkat kepekaan yang tajam terhadap detail visual dan dapat menggambarkan sesuatu dengan begitu hidup, baik dari lukisan ataupun membuat sketsa ide dengan nyata dan jelas.

Kemampuan semacam ini pada hakekatnya dapat mencetak seseorang menjadi arsitek, fotografer, artis, pilot, dan insinyur mesin.

  1. Bakat kecepatan ketelitian

Bakat yang berkaitan tentang tugas tulis menulis, ramu-meramu untuk kepentingan dalam laboratorium, kantor dan lain-lainnya. Biasanya kemampuan semacam ini bisa saja diarahkan menjadi para ilmuan penelitian dan lain sebagainya.

  1. Bakat bahasa (linguistik)

Bakat yang ada hubungannya dengan penalaran analistis bahasa (ahli sastra). Dimana pada kemampuan semacam ini dapat mengantar seseorang menjadi jurnalistik, stenografi, penyiaran, editing, hukum, pramuniaga dan lain-lainnya.

Contoh Minat

Antara lain;

  1. Minat keilmuan

Minat yang berhubungan dengan bidang-bidang pengetahuan. Sehingga seseorang lebih menyukai hal-hal yang berkiatan dengan pelajaran mulai dari ipa, ekonomi, sosial, dan lain sebagainya. Minat semacam ini jika dikembangkan dengan baik akan mengantar seseorang menjadi guru, penulis, dosen dan lain-lain.

  1. Minat seni

Kata seni pasti bukan menjadi hal asing untuk didengar. Minat pada kesenian ini sangat berhubungan dengan segala hal yang menurut seseorang memiliki nilai seni, mulai dari seni lukis, seni tari, seni suara dan lain-lain. Sehingga orang yang sudah memiliki minat seni ketika dikembangkan lebih lanjut maka kemampuannya akan lebih maksimal lagi.

  1. Minat kesejahteraan sosial

Minat kesejahteraan sosial berhubungan dengan kegiatan-kegiatan sosial yang ada di lingkungan masyarakat. Biasanya orang-orang yang minat pada kegiatan semacam ini akan terjun langsung untuk mengabdi pada negeri, membantu banyak orang dengan sikap relawannya, dan berinteraksi sosial secara langung dengan masyarakat.

  1. Minat pada dunia usaha

Keinginan seseorang dalam bidang bisnis atau menjadi wirausahawan dan membuka peluang kerja yang lebih banyak untuk orang lain. Minat semacam ini harus diikuti pula dengan sikap pantang menyerah, sikap berfikir keratif, jujur, tanggung jawab dan disiplin.

Apabila minat tersebut dapat digali terus menerus dan mau untuk mempelajarinya dengan baik maka seseorang dapat menjadi pebisnis yang hebat.

  1. Minat periklanan

Minat pada periklanan yaitu sikap seseorang yang berhubungan dengan kepandaiannya dalam hal menawarkan barang kepada orang lain. sehingga kesukaannya ini ketika di asah dan dikembangkan lebih lanjut dapat menjadikan mereka sosok yang cerdas dalam berbicara, mudah merayu pelanggan dan biasanya berpeluang untuk menjadi sales serta lain sebagainya.

  1. Minat akuntansi

Kesukaannya pada hal matematika atau berkaitan dengan angka-angka menjadikan seseorang merasa tertarik dengan akuntansi.

Sehingga dengan minatnya tersebut seorang pelajar berusaha untuk memilih jurusan akuntansi bahkan pada saat masuk kuliah yang dipilihnya adalah akuntansi agar mendapat banyak ilmu dan bisa diterapkan pada keinginannya di masa depan, misalnya menjadi akuntan.

  1. Minat mekanik

Minat mekanik adalah serangkaian bentuk kesukaan seseorang pada berbagai hal mekanik atau mesin. Sehingga mereka cenderung akan berusaha untuk belajar sebaik-baiknya agar minat tersebut dapat dikembangkan dengan baik.

  1. Minat kegiatan fisik

Kesukaan pada kegiatan fisik dapat berarti dalam hal olahraga. Seseorang yang menyukai kegiatan semacam ini cenderung akan menjaga tubuhnya dengan baik dan melatih dirinya untuk menguasai beberapa macam olahraga. Bahkan tak jarang karena minat yang mereka mau tersebut ada pula yang sampai les ataupun sekolah di bidang olahraga yang mereka sukai, misalkan saja sekolah sepak bola, les renang, badminton dan lain-lain.

  1. Minat petualang

Berhubungan dengan dunia luar yang penuh tantangan dan hambatan. Namun minat semacam ini akan menjadikan seseorang berani mengeksplore banyak hal yang ada di luar lingkungan. Bakan untuk kehidupan sehari-hari bisa dilihat dari terdapatnya peminat untuk memanjat gunung yang dilaukan setiap bulan.

  1. Minat kuliner

Kesukaan pada dunia kuliner, mungkin saja menjadikan seseorang memiliki cita – cita untuk menjadi koki. Sehingga dari hal tersebut membuat mereka lebih intens untuk belajar memasak maupun hal yang ada kaitanya dengan dunia perkulineran, misalkan bisnis dan lain sebagainya.

  1. Minat dunia hiburan

Minat pada dunia hiburan seringkali bisa terjadi karena seseorang melihat figur yang telah menjadi idolanya selama ini.

Sehingga hal tersebut membuat mereka memiliki keinginan yang sama untuk terjun dalam dunia hiburan. Sebagai informasi bahwa dunia hiburan ini berkaitan dengan dunia entertain mulai dari penyanyi, pemain sinetron, pelawak, host dan lain sebagainya.

  1. Minat dunia atletik

Dunia atletik sangat berhubungan dengan bidang olahraga. Sehingga orang yang memiliki minat semacam ini akan berusaha untuk semaksimal mungkin mengikuti setaip latihan yang berkaitan dengan jenis olahraga yang mereka sukai.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukan, dapatlah dikatakan bahwa berbagai jenis bakat adalah kualitas yang terlihat pada pola perilaku manusia pada saat mereka berada dalam kegiatan tertentu sesuai dengan bidang atau keahliannya masing-masing.

Sehingga dalam hal inilah faktor yang mempengaruhi bakat menjadi kemampuan individu yang telah terlatih secara intensif agar memungkinkan tercapaianya suatu ketrampilan khusus dalam diri orang tersebut.

Berbeda dengan minat, yang berhubungan dengan dalam diri seseorang karena adanya perasaan, pendidikan, harapan, maupun rasa takut yang akhirnya mengerakan individu untuk menentukan suatu pilihan yang terbaik dan harus ditekuni agar berhasil.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami uraikan pada kalian tentang adanya berbagai contoh bakat dan minat yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan edukasi bagi kalian semuanya yang sedang memperlukannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *