Contoh Asimilasi di Masyarakat

Diposting pada

Asimilasi di Masyarakat

Proses sosial yang terjadi pencampuran budaya sering berada di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Hal ini terjadi akibat adanya interaksi sosial. Proses ini tidak dilakukan dengan sengaja, namun berjalan seiring dengan kebiasaan yang dilakukan masyarakat. Untuk memahami lebih jelas mengenai percampuran budaya atau asimilasi, akan dijabarkan beberapa contoh asimilasi yang terjadi di masyarakat.

Asimilasi

Proses interaksi yang terjadi di masyarakat, menimbulkan perubahan pola pikir dan pola kebudayaan yang ada. Kebudayaan dalam hal ini berupa kebiasaan ataupun kebudayaan-kebudayaan yang menjadi ciri khas suatu daerah atau kelompok masyarakat.

Asimilasi adalah percampuran dua budaya atau lebih sehingga menghasilkan kebudayaan baru dengan menghilangka ciri khas kebudayaan lama. Proses asimilasi dapat terjadi tanpa disadari oleh masyarakat. Proses percampuran terjadi secara langsung dan tidak langsung.

Proses asimilasi seringkali disamakan dengan arti akulturasi. Sama-sama hasil percampuran dua kebudayaan, namun dalam asimilasi unsur atau ciri khas kebudayaan lama hilang digantikan dengan kebudayaan baru sedangkan dalam akulturasi, ciri khas kebudayaan lama masih terlihat.

Proses perubahan dalam sistem asimilasi terjadi secara kompleks dan menyeluruh. Perubahan terjadi dalam semua unsur kebudayaan yang mengalami peleburan sehingga munculah kebudayaan baru.

Sikap terbuka dan saling menerima yang melandasi terjadinya proses asimilasi dalam masyarakat. Proses asimilasi terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama karena proses interaksi mulai dari pengenalan hingga menjadi kebiasaan tidak begitu saja diterima oleh semua lapisan masayarakat.

Syarat utama terjadinya asimilasi adalah adanya beberapa kelompok masyarakat yang memiliki kebudayaan berbeda. Dengan perbedaan kebudayaan diharapkan mampu memperat hubungan antar warga.

Perubahan kebudayaan yang terjadi tidak begitu saja diterima oleh masyarakat. Pro kontra sering terjadi ketika kebudayaan maupun kebiasaan lama mulai tercipta dan diterapkan oleh masyarakat. Perubahan tidak berpengaruh terhadap pihak-pihak yang masih berusaha mempertahankan sistem kebudayaan lama.

Contoh Asimilasi

Untuk memahami lebih jelas mengenai asimilasi, berikut ini adalah beberapa contoh asimilasi yang ada di masyarakat:

  1. Mode pakaian

Model pakaaian menjadi salaah satu wujud kepribadian seseorang. Semakin modern, mode pakaian Indonesia semakin beragam, khususnya wanita. Masayarakat Indonesia mengikuti trend fashion secara global. Zaman dahulu masyarakat Indonesia berpakaian menggunakan kebaya sederhana yang dipadukan dengan jarit khas daerah.

Perubahan cara berpakaian memberikan dampak positif serta dampak negatif bagi masyarakat. Perubahan cara berpakaian sesuai perkembangan zaman menunjukan bahwa masyarakat mampu menerima sistem kebudayaan baru. Masyarakat memiliki pemikiran dan sikap yang terbuka. Sikap terbuka ini tentu akan berpengaruh terhadap aspek-aspek kehidupan lainnya. Sehingga masayarakat memiliki cara pandang yang maju.

Dampak negatif yang mungkin ditimbulkan adalah beberapa cara berpakaian budaya barat yang tidak sesuai dengan kebudayaan Indonesia. Misalnya menggunakan celana pendek, penggunaan rok mini, penggunaan baju yang terlalu terbuka dan menampakan lekuk tubuh. Hal ini dapat memudarkan ciri dan kebudayaan bangsa.

  1. Cara Berbahasa

Cara berbahasa juga tidak luput dari sasaran proses perkembangan zaman. Bahasa Internasional yang saat ini digunakan adalah bahasa Ingris. Di indonesai sendriri, beberapa orang tua mengajarakan anak untuk berkomunikasi dengan bahasa asing. Mereka tidak mengajarkan bahasa Indonesia kepada anaknya.

Contoh lain yang lebih sederhana adalah pada bahasa daerah. Mayoritas masayarakat jawa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa jawa. Namun, ada beberapa orang tua yang sama sekali tidak mengajarkan bahasa jawa kepada anaknya. Mereka justru mengajarkan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi sehari-hari.

Mengajarkan bahasa Indonesia memang harus dilakukan oleh orang tua kepada anak karena merupakan bahasa nasional. Namun mengajarkan bahasa daerah juga tidak boleh dilupakan karena merupakan ciri khas dan identitas seseorang. Selain itu, pengajaran bahasa daerah menjadi salah satu upaya melestarikan salah satu kebudayaan dan ciri khas daerah.

  1. Hari Minggu Sebagai Hari Libur

Hari minggu menjadi hari libur nasional di Indonesia. Kesepakatan ini ternyata menjadi salah satu proses asimilasi karena penetapan ini dipengaruhi oleh budaya barat yang masuk di Indonesia.

  1. Perayaan Halloween

Perayaan hallowen ternyata merupakan budaya Eropa. Di Indonesia sendiri, tidak ada budaya atau kebiasaan merayakan pesta Hallowen. Namun beberapa orang Indonesia merayakan hallowen sebagai suatu perta yang meriah dengan menggunakan kostum hantu.

Proses asimilasi ini dapat terjadi karena pengalaman yang dibawa seseorang ketika ia berinteraksi dengan orang asing. Sikap terbuka membuat ia mudah menerima sistem baru yang sebelumnya belum ada di Indonesia.

  1. Seni Musik Hip-hop Jawa

Tingkat kreatifitas seseorang akhir-akhirr ini semakin menunjukan kemajuan. Salah satunya dalam bidang musik. Musik jawa yang biasanya hanya menggunakan gamelan dengan ciri khas nada yang halus, kini berkembang menjadi musik yang memiliki irama cepat.

Hip-hop jawa meupakan perpaduan antara music jawa dengan msuik hip-hop modern. Prosesinteraksi antara music jawa dan hip-hop menghasilkan suatu seni musik baru yang banyak diminati.

  1. Bangunan Masjid

Bangunan masjid saat ini juga banyak mengalami perubahan. Masjid merupakan tempat ibadah umat islam. Namun dalam pembangunannya terdapat unsur tionghoa khas agama konghucu. Proses interaksi ini menghasilkan satu kebudayaan baru.

  1. Seni Kaligrafi

Kaligrafi merupakan seni aksara huruf arab yang menjadi kesenian khas umat islam. Namun akhir-akhir ini, seni kaligrafi dipadukan dengan penulisan jawa atau dipadukan dengan kebudayaan kahs jawa sehingga menjadi sebuah karya seni baru berupa kaligrafi jawa.

  1. Mode Kebaya

Kebaya merupakan pakaian khas Indonesia yang dulunya sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun di zaman modern seperti sekarang, kebaya hanya digunakan untuk acara-acara resmi seperti upacara pernikahan.

Pada mulanya kebaya hanya dipadukan dan identik dengan sanggul. Namun karena adanya proses asimilasi, kini kebaya dapat dipakai menggunakan jilbab yang mana merupakan pakaian wajib umat islam.

  1. Mode Baju Koko

Baju koko merupakan pakaian khas orang tionghoa. Namun sekarang koko juga menjadi ciri khas baju muslim laki-laki umat islam. Proses asimilasi ini terjadi karena budaya islam dan  mampu bersikap terbuka dan menerima kebudayaan lain sebagai wujud toleransi hingga lahirnya menjadi suau kebiasaan.

  1. Linguistik

Asimilasi dalam bidang linguistik dapat dilihat pada penggunaan bahasa asing dengan logat daerah tertentu. Misalnya saja penggunaan kata Bahasa Inggris Favorite kadang dibaca oleh orang Indonesia paporit.

  1. Perayaan Valentine

Valentine dimaknai sebagai hari kasih sayang. Di Indonesia sendiri awal mulanya tidak ada perayaan hari valentine. Di negara-negara lain, perayaan valentine dilakukan dengan memberkan hadiah kepada orang terkasih. Akibat adanya interaksi anatar kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan asing, perayaan valentine sekarang mulai banyak dilakukan oleh iorang Indonesia.

  1. Pernikahan Campuran

Proses asimilasi juga dapat terjadi pada pernikahan campuran Pernikahan campuran dalam konteks ini adalah berbeda etnis, maupuan budaya. Misalnya saja masyarakat dari suku Bugis menikah dengan suku sunda. Dalam konteks yang lebih luas, misalnya orang Indonesia menikah dengan orang Amerika. Keturunannya disebut dengan Indo-amerika

  1. Seni Musik Dangdut

Music dangdut banyak digemari oleh masyarakat Indonesia bahkan masyarakat luar negeri. Naun tidka banyak yag tahu bahwa music dangdut merupakan percampuran antara music melayu dengan musik khas India sehingga menghasilkan musik dangdut.

  1. Cara Makan

Proses asimilasi juga terjadi pada hal-hal kecil yang dilakukan oleh masyarakat. Penggunaan sendok dan garpu ketika makan pada mulanya ternyata merupakan kebudayaan Eropa. Saat ini, sendok dan garpu menjadi salah satu alat makan utama bagi orang Indonesia.

  1. Seni Tari

Selain seni musik, beberapa seni tari juga menjadi salah satu bentuk asimilasi yang terjadi. Contoh tari yang terbentuk karena proses percampuran adalah tari lenong yang merupakan perpaduan budaya betawi dan tionghoa. Selain itu, tari kreasi baru juga merupakan salah satu tarian yang terbentuk dari proses asimilasi antara tari modern dengan tari daerah.

  1. Adat Pernikahan

Asimilasi dalam bentuk prosesi pernikahan terlihat  pada resepsi pernikahan jawa yang dipadukan dengan budaya islami. Misalnya pada prosesi sungkeman yaitu meminta doa dan memohon restu kepada orang tua. Selain itu pada prosesi pernikahan jawa biasanya diadakan prosesi pengajian.

  1. Proses Interaksi

Proses ciri interaksi sosial pasti dialami dandirasakan oleh setiap manusia. Akibat interaksi, akan tumbuh rasa peduli, rasa kasih sayang terhadap seseorang. Dalam masyarakat hal ini dikenal dengan berpacaran. Ternyata budaya pacaran awal mulanya merupakan kebiasaan orang Eropa yang kemudian diikuti oleh masyarakat Indonesia.

  1. Sistem pendidikan

Sistem pendidikan juga ternyata tidak lepas dari proses asimilasi. Pada awalnya sistem pembelajaran hanya berpatok pada metode menghafal.

Namun akibat adanya percampuran dengan sistem pendidikan negara lain, kini pembelajaran dibuat lebih inofatif seperti pembelajaran dengan metode problem solving atau pembelajaran dengan menekankan pada penyelesaian masalah.

  1. Arsitektur

Proses asimilasi juga terlihat dari gaya arsitektur khusunya pembuatan rumah maupun gedung-gedung lainnya. Di jawa, pembuatan rumah dikenal dengan bentuk joglo yang memiliki ciri khas tersendiri. Di zaman modern seperti ini, gaya arsitektur yang digunakan dalam pembuatan rumah sudah tidak lagi menggunakan bentuk khas daerah melainkan mulai beralih pada gaya arsitektur modern, seperti gaya arsitek eropa dan lain sebagainnya.

  1. Gaya Hidup

Pola hidup dan gaya hidup masyarakat Indonesia tak lepas dari pengaruh asimilasi. Contoh sederhana yang terjadi adalah pada menu sarapan. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, nasi menjadi makanan pokok., namun sekarang roti menjadi salah satu pengganti nasi khusunya dalam menu sarapan. Hal ini merupakan salah stau pengaruh dari buadaya laur negeri.

Proses Terjadinya Asimilasi

Perubahan sistem kebudayaan tidak terjadi secara singkat. Melainkan melalui beberapa tahapan , antara lain:

  1. Proses yang pertama kali adalah adanay dua atau lebih kelompok masyarakat yang memiliki perbedaan kebudayaan sama-sama menempati satu wilayah yang sama.
  2. Selanjutnya terjadilah interaksi yang intensif antar kelompok tersebut dalam jangka waktu yang lama.
  3. Akibat dari interaksi tersebut, mereka saling terbuka pada kebudayaan baru.
  4. Selanjutnya mulai muncul rasa toleransi antaranggota kelompok yang berbeda sistem kebudayaan.
  5. Kemudian berkembang mulai muncul keterbukaan pemikiran disertasi dengan sikap saling menerima. Sikap konservatif perlahan mulai hilang. Dalam tahap ini mulai muncul rasa keterarikan dan keingintahuan yang besar terhadap sistem kebudayaan baru.
  6. Terjadilah percampuran budaya antar anggota kelompok yang berbeda.
  7. Munculah kesamaan persepspola pikir dan tindakan hingga membaur menjadi satu tanpa adanya perbedaan.

Nah, itusaja berbagai artikel yang sudah kami tuliskan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan contoh asimilasi yang ada di masyarakat dan proses terwujudnya. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan edukasi serta referensi bagi semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *