Contoh Akomodasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Akomodasi dalam Sosiologi

Permasalahan merupakan hal yang sering terjadi di dalam kehidupan makhluk sosial. Permasalahan tersebut tentu saja banyak sekali jenisnya. Banyaknya permasalahan yang ada di masyarakat tentu saja akan memberikan dampak yang kurang baik dalam kehidupan bermasyarakat.

Mengatasi suatu permasalahan dengan baik adalah salah satu langkah yang tepat untuk mengurangi permasalahan yang ada di masyarakat terutama dalam kehidupan sehari-hari. Pengentasan atau peminimalisiran permasalahan yang ada biasanya diselesaikan dengan akomodasi.

Akomodasi

Akomodasi merupakan suatu interaksi sosial di dalam masyarakat untuk mengatasi atau menyelesaikan permasalahan yang terjadi di dalam masyarakat. Akomodasi merupakan langkah yang bisa dilakukan, karena suatu permasalahan pasti memiliki solusi ketika bisa dibicarakan dengan baik.

Untuk lebih jelas lagi mengenai akomodasi yang ada di dalam masyarakat, berikut terdapat contoh akomodasi yang sering terjadi atau ada di dalam kehidupan masyarakat, terutama dalam kehidupan sehari-hari, adalah sebagai berikut.

Contoh Akomodasi

Diantaranya;

  1. Perpu/Peraturan Peundang-Undangan

Perpu atau peraturan perundang-undangan merupakan salah satu contoh akomodasi dalam kehidupan bermasyarakat terutama dalam kehidupan sehari-hari. Perpu atau peraturan perundang-undangan termasuk dalam akomodasi bentuk koersif.

Selain itu juga, perpu atau peraturan perundang-undangan tersebut termasuk dalam bentuk koersif yang bersifat positif.

Maksudnya termasuk ke dalam koersif yang bersifat positif adalah perpu atau peraturan perundang-undangan dalam kehidupan bermasyarakat memberikan rasa aman, nyaman, dan damai bagi seluruh warga suatu negara yang mana warga negara tersebut menjadi tindak ketidakadilan. Perpu atau peraturan perundang-undangan tersebut mendominasi warga negara tersebut.

  1. Geng/Preman

Geng atau preman juga merupakan bentuk akomodasi yang ada di dalam masyarakat. Geng atau preman merupakan kebalikan dari perpu atau peraturan perundang-undangan yang menjadi contoh bentuk koersif yang bersifat positif, geng atau preman tersebut termasuk ke dalam koersif yang bersifat negatif.

Hal tersebut dikarenakan, geng atau preman di dalam kehidupan bermasyarakat terutama dalam kehidupan sehari-hari memberikan rasa ketakutan, ancaman, dan tidak aman kepada warga sekitar ataupun orang-orang yang lemah. Hal tersebut tentu saja menjadikan geng atau preman termasuk dalam bentuk akomodasi, dikarenakan geng atau preman memiliki dominasi yang kuat terhadap masyarakat yang cenderung lemah tersebut.

  1. Renternir

Renternir tentu saja sudah menjadi perbincangan yang tidak asing di dalam lingkungan masyarakat. Renternir merupakan contoh lain dari bentuk akomodasi dalam kehidupan sehari-hari. Renternir ada karena melihat peluang, bahwa sebagian orang membutuhkan dana dalam pencukupan kebutuhan sehari-hari. Renternir juga termasuk dalam koersif yang bersifat negatif.

Hal tersebut dikarenakan renternir juga terkadang memberikan rasa yang tidak nyaman, tidak aman, dan bahkan memberikan ancaman terhadap orang yang meminjam uang kepada renternir tersebut.

Berdasarkan hal tersebut, renternir tentu memiliki dominasi yang cukup besar terhadap orang-orang yang melakukan peminjaman terhadapnya, sehingga hal tersebut menjadikan renternir sebagai salah satu bentuk atau contoh lain dari adanya akomodasi yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Berebut acara Tv

Berebut acara televisi merupakan salah satu contoh lain bentuk akomodasi dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam lingkungan keluarga. Dalam hal ini, berebut acara televisi tersebut termasuk dalam akomodasi berbentuk kompromi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Berebut acara televisi tersebut terjadi dikarenakan adanya perbedaan keinginan dalam menonton acara televisi. Ayah ingin menonton berita, sedangkan ibu ingin menonton acara masak-memasak. Keduanya saling bersikukuh untuk menonton acara yang diinginkannya masing-masing, sehingga perdebatan pun terjadi.

Kemudian, keduanya melakukan jalan tengah yaitu melalui kompromi, dimana acara akan ditonton secara bergantian selepas iklan, sehingga keduanya pun bisa menikmati acara televisi dengan rukun lagi.

  1. Pemakaian Mobil

Pemakaian mobil di dalam keluarga tentu saja merupakan salah satu contoh akomodasi yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Pemakaian mobil yang semestinya dilakukan bersama dalam sebuah keluarga, mengalami sebuah perdebatan kecil dikarenakan, terjadinya perbedaan tujuan untuk pencapaian suatu lokasi.

Adik ingin pergi ke taman, sedangkan kakak ingin pergi ke perpustakaan kota. Lokasinya yang cukup berjauhan, mengakibatkan keduanya mengalami perdebatan siapa dulu yang ingin diantar. Kemudian, keduanya pun melakukan kompromi, sehingga adik pun mengalah untuk diantarkan setelah kakak sampai di perpustakaan kota.

Kompromi tersebut tentu saja merupakan jalan yang cukup solutif didalam pemecahan suatu masalah, bahkan dalam permasalahan keluarga.

  1. Sengketa Tanah

Sengketa tanah dalam kehidupan sehari-hari tentu saja sering kali atau bahkan banyak sekali terjadi, bahkan dalam lingkungan keluarga sekalipun. Sengketa tanah merupakan salah satu contoh bentuk akomodasi yang ada dalam lingkungan masyarakat.

Sengketa tanah tersebut tentu saja perlu adanya pihak ketiga untuk menemukan jalan tengah, sehingga perselisihan kedua belah pihak mengenai sengketa tanah tersebut bisa diselesaikan dengan baik. Hal ini termasuk dalam akomodasi bentuk arbitrasi.

  1. Permasalahan Gaji

Permasalahan gaji tentu saja sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Gaji tersebut tentu saja akan mempengaruhi tingkat pemenuhan kebutuhan bagi seseorang. Permasalahan gaji, merupakan salah satu contoh akomodasi dalam lingkungan masyarakat, tentunya dalam lingkungan pekerjaan.

Permasalahan gaji yang sering dikeluhkan oleh karyawan kepada perusahaan yang tak kunjung mendapatkan jalan keluar, sehingga melibatkan pihak ketiga yaitu pemerintah dalam penanganan kasus tersebut.

Pelibatan pemerintah tentu saja untuk mencapai suatu kesepakatan antara karyawan dan perusahaan sehingga mencapai jalan tengah yang lebih sesuai untuk kedua belah pihak tersebut. Sama seperti contoh sebelumnya, permasalahan gaji juga termasuk dalam contoh akomodasi bentuk arbitrasi.

  1. Pertengkaran di Sekolah

Pertengkaran di sekolah tentu saja akan selalu terjadi di dalam lingkungan sekolah. Baik pertengkaran antar guru, antar guru dengan peserta didik, ataupun antara peserta didik dengan peserta didik. Pertengkaran di sekolah masuk dalam salah satu cintoh bentuk akomodasi di dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut tentu saja tidak akan terelakan dalam kehidupan di sekolah. Permasalahan kecil saja bisa memicu perkelahian atau pertengkaran. Adapun apabila pertengkaran tersebut terjadi, sebagai penengah mereka yang netral adalah guru BK atau Bimbingan Konseling.

Adanya ruang BK dan guru BK tersebut, tentu saja akan meminimalisir terjadinya perkelahian atau pun pertengkaran itu kembali.

  1. Kecelakaan Lalu Lintas

Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu bentuk akomodasi yang ada di kehidupan sehari-hari. Kecelakaan lalu lintas termasuk dalam akomodasi jenis mediasi. Mediasi tersebut dikarenakan, adanya campur tangan dari pihak yang netral.

Adapun mediasi ataupun mediator tersebut adalah anggota kepolisian, yang mana memfasilitasi dan memberikan jalan keluar terhadap korban kecelakaan lalu lintas tersebut.

  1. Toleransi Beragama

Toleransi dalam beragama tentu saja merupakan hal yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Toleransi tersebut muncul karena adanya rasa simpati kepada orang lain. Toleransi beragama tersebut termasuk ke dalam bentuk akomodasi yang ada di dalam kehidupan keseharian.

Toleransi beragama tersebut biasanya berbentu sebagai rasa menghormati, misalnya umat muslim sedang menunaikan ibadah berpuasa, sehingga orang-orang non muslim atau non islam tidak melakukan makan atau minum secaa sembarangan di jalanan, sehingga tidak terlihat oleh orang-orang lain.

  1. Toleransi antar Suku

Contoh lain dari akomodasi yang ada di masyarakat. Toleransi antar suku tersebut sering kali terjadi di dalam masyarakat suatu daerah. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa toleransi muncul karena adanya rasa simpati yang dimiliki oleh masyarakat.

Toleransi antar suku tentu saja adanya rasa saling menghormati, seperti di suatu daerah terdapat desa yang memiliki tiga suku yang mendiaminya. Suku tersebut adalah suku bugis, suku jawa, dan suku madura. Ketiga suku tersebut hidup rukun dan saling menghormati, sehingga kehidupan di desa tersebut menjadi aman damai dan tentram.

  1. Pertikaian antar club futsal sekolah

Pertikaian antar club futsal sekolah tentu saja sering terjadi di kehidpan sehari-hari. Hal tersebut tentu saja mereka menganggap masing-masing club futsal dari sekolahnyalah yang lebih baik dibandingkan yang lain.

Pertikaian tersebut bukan adu fisik seperti tawuran pada umumnya, justru mereka mengeluarkan segenap tenaga di lapangan futsal untuk menjadi yang terbaik. Alhasil, kedua club futsal tersebut menuai hasil imbang, sehingga pertikaian mereka kemudian meredam dengan sendirinya.

  1. Perceraian

Masalah perceraian tentu saja sering terjadi dalam kehidupan rumah tangga. Perceraian tersebut dirasa merupakan jalan satu-satunya dalam mengakhiri suatu permasalahan dalam keluarga. Pertikaian di dalam keluarga tentu saja menjadi sebab utama dalam suatu perceraian.

Perceraian tersebut tentu saja tidak bisa hanya dihadapi atau diselesaikan melalui kedua belah pihak, melainkan melalui bantuan pihak ketiga untuk menyelesaikannya. Dalam hal ini adalah pengadilan yang dapat memberikan penyelesaian dalam kasus perceraian.

  1. Karyawan Mogok Kerja

Karyawan mogok kerja tentu saja sudah sering terjadi dalam sebuah perusahaan. Karyawan mogok kerja dikarenakan karena permasalahan gaji yang tidak kunjung menuai penjelasan. Hal tersebut tentu saja mengakibatkan suatu konflik di dalam perusahaan tersebut.

Kemudian manajemen perusahaan mempertemukan para petinggi perusahaan dan perwakilan dari karyawan agar merundingkan suatu kesepakatan yang saling menguntungkan diantara keduanya. Hal tersebut tentu saja termasuk dalam contoh akomodasi dalam kehidupan sehari-hari, yang mana akomodasi tersebut termasuk dalam bentuk konsiliasi.

  1. Harta Warisan

Harta warisan tentu merupakan salah satu contoh akomodasi yang ada di dalam masyarakat. Harta warisan tersebut termasuk dalam akomodasi dikarenakan perlunya bantuan dari pihak lain untuk penyelesaian, salah satunya yaitu pengadilan.

Pereda pertikaian dalam memperebutkan harta warisan menemui jalan tengah dengan dibawa ke meja hijau atau pengadilan. Hal tersebut tentu saja sangatlah membantu kedua belah pihak dalam mencapai kesepakatan dan penjelasan lebih mengenai harta warisan tersebut.

  1. Pertikaian Blok Barat dan Timur

Tentu sering kali kita mendengar dari guru kita di pelajaran IPS di sekolah. Guru menjelaskan mengenai bagaimana pertikaian antara blok barat dan blok timur.

Pertikaian tersebut tidak kunjung menuai solusi karena telah terlalu lama mengalami pertikaian, sehingga kedua belah pihak mereda tanpa ada yang tau siapa yang kalah dan menang. Hal tersebut tentu termasuk kedalam contoh akomodasi. Dimana akomodasi tersebut termasuk dalam bentuk stalemate.

  1. Pertikaian suporter dengan tim sepak bola

Pertikaian antara suporter dan tim sepak bola tersebut tentu saja sering terjadi. Apalagi jika keinginan suporter yang telah berjuang dengan keras untuk mendukung tidak membuahkan hasil tim yang di dukung menang. Hal tersebut menjadikan suporter jadi mogok mendukung atau nonton.

Hal tersebut tentu saja akan merugikan kedua belah pihak, sehingga manajemen tim mendatangkan seluruh tim dan juga perwakilan suporter untuk bersepakat agar suporter utuk terus menonton pertandingan dan mendukung serta para pemain untuk bermain dengan lebih baik lagi.

  1. Pernikahan

Pernikahan tentu saja merupakan salah satu contoh akomodasi dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam lingkungan masyarakat. Pernikahan tentu saja harus ada pihak ketiga yang berperan yaitu penghulu ataupun pengadilan agama.

Hal tersebut yang merupakan bentuk akomodasi dari pernikahan tersebut. Selain itu, akomodasi disini termasuk ke dalam bentuk akomodasi ajudikasi, dimana penyelesaian melalui suatu lembaga yang formal.

  1. Restu Pernikahan

Restu dalam pernikahan tentu saja merupakan salah satu contoh akomodasi dalam kehidupan sehari-hari. Restu tersebut termasuk hal yang sangat penting dalam menjalin suatu hubungan. Misalnya saja, keluarga dari si perempuan yang awalnya tidak menyetujui atau merestui pernikahan anaknya, kemudian pada akhirnya memberikan restu kepada anaknya demi kebaikan anaknya tersebut.

Kesepakatan baru saja dicapai ketika pihak perempuan melakukan revisi atau konversi yang awalnya tidak setuju menjadi setuju untuk memberikan restu kepada anaknya untuk melangsungkan pernikahan. Hal tersebut tentu saja sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan hal tersebut termasuk dalam akomodasi dalam entuk konversi.

  1. Meringankan Hukuman

Hukuman tentu saja harus dilakukan untuk membuat jera orang-orang yang sering melakukan kesalahan agar tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama. Meringankan hukuman dalam konteks ini tentu saja termasuk ke dalam contoh dari akomodasi dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya saja, pada saat ulangan berlangsung, diketahui bahwa terdapat siswa yang mencontek, tentu saja kemudian guru memberikan hukuman sehingga siswa tersebut diberikan nilai nol.

Kemudian guru tersebut tentu saja tidak tega untuk memberikan nilai nol, siswa tersebut dipanggil kembali oleh guru, untuk mempertanggungjawabkan kelakuannya tersebut, dengan melakukan ujian ulang di dalam kantor guru. Hal tersebut tentu saja merupakan salah satu bentuk dari akomodasi dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah serangkain artikel yang sudah kami tuliskan dan jelaskan kepada pembaca terkait dengan contoh-contoh akomodasi yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *