Contoh Afeksi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Afeksi

Pemenuhan dalam arti kebutuhan dalam menjalani kehidupan merupakan hal yang sangat perlu untuk dilakukan. Baik itu kebutuhan primer ataupun kebutuhan sekunder. Pada dasarnya, manusia memiliki banyak sekali kebutuhan dalam hidup. Salah satu bentuk kebutuhan yang diperlukan oleh setiap manusia adalah afeksi.

Afeksi bisa dikatakan sebagai salah satu contoh kebutuhan dasar yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Sebab jika tidak adanya afeksi tentu saja manusia akan sangat sulit untuk bertahan dengan lingkungannya dikarenakan tidak memiliki mental yang baik.

Afeksi

Afeksi dalam kehidupan manusia, manusia jadi mampu menjalankan atau melalui hari-harinya dengan lebih baik. Keberadaan afeksi yang terus dipupuk tentu saja akan melahirkan pula perasaan simpati pada diri manusia. Bersamaan dengan adanya perasaan simpati seperti itu, tentu saja setiap hal yang dilakukan oleh setiap individu akan bernilai positif, sehingga hubungan yang terjalin antar individu akan menjadi baik, serta hal-hal yang dilakukan dimasa yang akan datang akan berjalan dengan lebih mudah.

Pengertian Afeksi Menurut Para Ahli

Adapun agar lebih mudah dalam pemahaman mengenai afeksi, dibawah ini akan dijabarkan pengertian afeksi menurut para ahli yaitu adalah sebagai berikut;

  • KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, Afeksi adalah persaaan tentang kasih sayang, dan perasaan emosi yang lunak.

  • Wilikie

Menurut Wilikie berpendapat bahwa afeksi merupakan suatu makna sikap yang ditunjukkan antar manusia, misalnya pada saat penggunaan emosi dan perasaan pada saat konsumen akan melakukan keputusan pembelian.

  • Peter dan Olson

Menurut Peter dan Olson, afeksi merupakan tanggapan-tanggapan efektif beragam dalam penilaian positif atau negatif, menyenangkan atau tidak menyenangkan dan dalam intensitas atau tingkat pergerakan badan.

Contoh Afeksi

Berikut ini terdapat beberapa contoh mengenai afeksi untuk menambah pemahaman mengenai afeksi. Beberapa contoh afeksi yang bisa kita jumpai dalam lingkungan masyarakat, yaitu adalah sebagai berikut.

  1. Saling Mengasihi

Saling mengasihi merupakansalah satu afeksi yang ada di keidupan sehari-hari, terutama dalam lingkungan keluarga. Karena hal ini sangat penting ditumbuhkan di dalam keluarga, dengan saling mengasihi kita akan mengingat pentingnya keluarga untuk kehidupan kita sampai kapanpun.

Keluarga merupakan satu-satu nya tempat kita untuk kembali, saat kita dirundung sebuah masalah ataupun persoalan, sehingga kita bisa menjadi lebih tenang dan aman.

  1. Saling Mempercayai

Saling percaya bukan hanya dibutuhkan oleh sebuah pasangan, namun di dalam kehidupan keluarga, salah satuh norma afeksi ini sangat penting untuk ditumbuhkan agar terciptanya rasa saling percaya diantara anggota keluarga. Tentu kita pun jangan pernah menyia-nyiakan rasa percaya dari keluarga kepada kita.

  1. Saling Mengerti

Sikap saling mengerti merupakan afeksi yang ada dalam kehidupan sehar-hari. Afeksi saling mengerti tersebut membuat seseorang menjadi lebih sadar betapa berharganya anggota keluarga yang lain untuk dirinya. Terjadinya perbedaan pendapat atau pun terjadinya  perselisihan pendapat yang ada di antara anggota keluarga tentu bisa lebih mudah diselesaikan jika sebelumnya sudah ada afeksi yang ada dalam keluarga tersebut.

  1. Saling Menghargai

Peran keluarga dalam pendidikan anak tentu akan sangat penting apabila ditambah rasa saling menghargai diantara anggota keluarga, seorang adik yang menghargai kakanya, seorang anak yang menghargai orang tua nya, akan membuat hidup dalam berkeluarga menjadi nyaman dan jauh dari kata perselisihan.

  1. Saling Memiliki

Saling memiliki merupakan contoh afeksi. Rasa saling memiliki tentu saja bukan hanya untuk seorang pasangan . Namun di dalam kehidupan keluarga juga norma afeksi tersebut sangatlah penting untuk ditumbuhkan. Rasa saling membutuhkan, meyakini, dan menciptakan rasa saling memiliki ditengah-tengah keluarga sangatlah penting, sehingga akan membuat suasana di lingkungan keluarga terasa sangat nyaman.

  1. Harmonis

Suasana harmonis merupakan salah satu contoh afeksi. Salah satu norma afeksi yang yang ada dalam kehidupan sehari-hari adalah membangun suasana yang harmonis diantara anggota keluarga, kehidupan yang nyaman akan tercipta apabila kita selalu menumbuhkan suasana harmonis diantara anggota keluarga, seperti contohnya saling melindungi, saling memberi hadiah atau saling memeberi selamat apabila ada hal spesial yang terjadi di tengah-tengah keluarga.

  1. Rasa Aman

Rasa aman merupakan contoh afeksi. Rasa aman akan meningkatkan rasa nyaman, dan hal itulah yang perlu ditingkatkan dan ditimbulkan antara keluarga. agar tercipta rasa aman dan nyaman dibutuhkan kepedulian antara anggota satu dengan yang lainnya.

Kita juga dapat mengandalkan keluarga untuk tempat berbagi dan saling melindungi, sehingga rasa kasih sayang akan saling tumbuh seiring dengan berjalannya waktu. 

  1. Toleransi

Rasa toleransi diantara manusia bukan hanya dapat dilakukan dalam lingkungan social saja. Namun sangat penting ditumbuhkan di dalam keluarga, rasa toleransi akan menimbulkan rasa kasih sayang antara sesama anggota keluarga, sehingga akan terjalin rasa saling melindungi dan mengasihi.

  1. Saling Berbagi

Keluarga merupakan rumah untuk kita, di dalam keluarga juga tempat kita berkeluh kesah dan menceritakan semua permasalahan serta membagikan kebahagian di dalamnya. Saling berbagi dalam kehidupan ini sangat penting untuk ditanamkan, sehingga kehidupan berkeluarga yang rukun dan harmonis akan terus terjalin sampai kapanpun.

  1. Kerukunan

Kerukunan merupakan salah satu contoh afeksi. Keberadaan afeksi di dalam keluarga akan menciptakan kerukunan di dalam anggota keluarga. Bagaimana pun juga, sebuah keluarga tidak mungkin bisa menjadi rukun bila tidak ada sikap saling menyayangi di dalamnya.

Penyebab keluarga tidak harmonis salah satunya karena tidak adanya kerukunan. Oleh karena itu, sikap rukun ini tentu saja bisa diwujudkan melalui afeksi. Keluarga dengan anggota keluarga yang rukun tentu saja menjadi sebuah tujuan tersendiri bagi setiap orang.

  1. Ketertarikan

Masyarakat biasanya akan cenderung pada suatu ketertarikan akan suatu hal, salah satunya ketertarikan yang membawa unsur kebudayaan ataupun latar belakang yang sama dengan mereka. Sebagai contoh, masyarakat tertarik dengan ukiran, ukiran tersebut biasanya akan banyak dicari yang berdasarkan kesukaan dari masyarakat.

  1. Minat

Minat adalah bentuk afeksi yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Ketika masyarakat sedang membutuhkan akan suatu hal, maka mereka juga secara otomatis mereka akan langsung menaruh minat dan kesukaannya terhadap hal tersebut, baik suatu barang maupun jasa.

Pemahaman peluang di dalam membaca kebutuhan dari masyarakat merupakan strategi yang tepat supaya barang atau jasa bisa disukai oleh masyarakat, sehingga akan tercipta hubungan sosial dalam timbal baik antar masyarakat. 

  1. Mengikuti Tren

Perilaku afeksi dari masyarakat selanjutnya yaitu tentang suatu tren yang ada didalam lingkungan masyarakat. Adanya tren yang ada dilingkungan masyarakat tentu saja sangat mempengaruhi menungkatnya suatu kebutuhan yang ada dalam masyarakat.

Meskipun nantinya akan berujung mainstream, namun hal tersebut malah akan banyak mendatangkan ketertarikan dari masyarakat tersebut.

  1. Harga Menarik

Harga yang menarik juga bisa termasuk kedalam bentuk afeksi. Harga yang menarik diartikan sebagai harga yang kompetitif. Seseorang ataupun masyarakat akan cenderung mencari harga yang paling rendah dengan tingkat kualitas yang paling terbaik.

Tentu ini merupakan contoh afeksi dalam masyarakat yang sering kita amati. Produk murah dengan kualitas terbaik akan lebih banyak disukai. 

  1. Produk Unggulan

Afeksi yang muncul dari masyarakat berdasarkan pada keunggulan yang terdapat suatu hal menjadi nilai tambah dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Keunggulan yang memang sudah pernah didapatkan atau memang pengalaman sebelumnya yang sudah dialami membuat semakin adanya kemantapan dalam memilih. Artinya, mempertahankan keunggulan sesuatu hal tentu sangatlah penting sehingga tidak menjadi kalah bersaing. 

  1. Kesamaan Gaya

Masyarakat cenderung akan suka terhadap suatu barang atau jasa yang bisa mewakili identitas atau gayanya. Sebagai contoh, seseorang yang suka sekali dengan musik pop, mungkin akan cenderung mencari produk-produk atau hal-hal yang bisa merepresentasikan atau mewakilkan identitasnya, misalnya dengan pernak-pernik, atau bahkan dengan gayanya saat bergoyang atau berjoget.

  1. Langka

Salah satu bentuk afeksi yang ada didalam masyarakat yaitu adalah kelangkaan. Kelangkaan adalah suatu barang atau jasa tentu saja akan menambah ketertarikan dari satu arti masyarakat.

Masyarakat tentu saja akan cenderung mencari hal-hal yang langka, agar mereka bisa tampil berbeda dengan orang lain. Hal tersebut tentu saja merupakan kebutuhan yang dimiliki oreh masyarakat.

  1. Gengsi

Selain hal yang langka tersebut, gengsi juga merupakan bentuk afeksi yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Gengsi bisa menjadi bagian hidup dari masyarakat. Masyarakat bisa saja tertarik terhadap suatu hal karena hal tersebut memiliki nilai gengsi. Inilah mengapa kemudian penting untuk menonjolkan kelebihan dari suatu hal.

  1. Kualitas

Kualitas yang ditawarkan sebenarnya tidak akan jauh-jauh dari keunggulan suatu barang atau jasa yang ada di masyarakat. Ketika hal tersebut memiliki kualitas yang lebih bagus, masyarakat akan cenderung lebih tertarik kepada hal tersebut.

Hal tersebut sudah merupakan hal yang sewajarnya karena bagaimana pun masyarakat pasti akan berusaha mencari sesuatu hal yang memiliki kualitas yang bagus karena mereka berpikir tentang pemakaian jangka panjang. 

  1. Keunikan

Masyarakat di dalam memilih produk barang maupun jasa tentu saja akan mempertimbangkan keunikan yang ada di dalamnya. Beberapa orang akan lebih cenderung memilih produk yang beda daripada yang lainnya. Mereka menyebut ini dengan istilah antimainstream. Hal ini semata-mata karena kecenderungan seseorang untuk bisa diperhatikan oleh orang lain.

Nah, itulah tadi serangkain penjelasan serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan contoh afeksi yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *