Ciri Kemandirian di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Ciri Sikap Kemandirian

Kemandirian menjadi salah satu bentuk kemampuan seseorang dalam mengelola atau mengatur semua hal yang menjadi miliknya dan berpikir secara individu untuk memecahkan setiap permasalahan sosial yang muncul tanpa harus ada rasa ketergantungan pada diri orang lain.

Oleh karena itulah sikap kemandirian pada dasarnya berkaitan dengan istilah diri. Sehingga arti kemandirian itu sendiri sebenarnya tidak dapat dipisahkan dari lingkup diri sendiri atau diri seseorang.

Kemandirian

Kemandirian adalah suatu hal yang penting dimiliki masyarakat karena berasal dari moralitas yang bersumber pada kehidupan masyarakat itu sendiri. Oleh karena itulah definisi sikap ini dianggap sebagai kepercayaan pada diri pribadi atau diri sendiri terhadap ide dan hal-hal yang akan dilakukan seseorang.

Ciri Kemandirian

Beberapa karakteristik yang ada dalam kemandirian yaitu sebagai berikut;

  1. Memiliki kemampuan untuk selalu berusaha berinisiatif dalam segala hal

Seseorang yang memiliki sikap kemandirian biasanya akan memiliki pemikiran inisiatif yang lebih tinggi. inisiatif sendiri yaitu proses berfikir seseorang yang menghasilkan ide atau gagasan tertentu untuk mencapai suatu hal yang diinginkan.

  1. Memiliki kemampuan mengerjakan tugas yang dipertanggung-jawabkan padanya

Sikap mandiri yang ada pada diri seseorang juga bercirikan bahwa individu tersebut selalu berusaha untuk tanggung jawab atas apa yang harus dikerjakannya. Sehingga segala tugas maupun hal-hal kecil selalu diatur dengan begitu baik agar tidak lupa dan diselesaikan sesuai dengan jadwal maupun perencanaan yang bagus.

  1. Memperoleh kepuasan dari kegiatannya (yang dikerjakannya)

Kepuasan adalah rasa lega dan kebahagiaan yang ada dalam diri seseorang karena telah melakukan tugasnya dengan begitu baik.

Kepuasan ini juga sebagai bentuk apresiasi atas diri sendiri karena telah mengerjakan suatu hal dengan berkerja keras dan harus dihargai. Umumnya kepuasan ini sangat erat hubungannya dengan kemandirian karena dengan tidak adanya rasa mandiri maka hasil kerja yang memuaskan tidak mungkin dapat diperoleh dengan lebih mduah.

  1. Memiliki kemampuan mengatasi rintangan yang dihadapinya dalam mencapai kesuksesan.

Individu yang memiliki rasa mandiri biasanya mempunyai kehidupan yang lebih tertata dan selalu mengarah pada hal-hal yang maju. Sehingga orang yang bersikap semacam ini akan lebih mudah dalam mengatasi rintangan atau hambatan dalan hidupnya tertutama untuk mencapai segala cita-cita maupun keinginannya masing-masing.

  1. Memiliki kemampuan untuk selalu berkata jujur dan bertindak segala sesuatu dengan benar sesuai hak dan kewajibannya.

Kejujuran termasuk salah satu ciri dari sikap mandiri. Alasannya karena individu yang bersikap mandiri akan menganggap bahwa dirinya mampu untuk melaksanakan segala tugas yang memnag menjadi tanggung jawabnya. Sehingga segala keputusan yang baik harus selalu difikirkan dengan matang-matang.

Oleh karena itu kejujuran menjadi salah satu kunci bagi mereka agar segala perbuatan atau usahanya selama ini menjadi semakin baik dan berhasil mencapai kesuksesan.

  1. Memiliki keinginan untuk membantu orang lain atau melakukan tindakan yang bermanfaat bagi orang lain dan lingkungannya.

Kemandirian dalam diri seseorang akan membuat mereka merasa harus bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. Karena dengan membagi kebahagian pada orang lain akan membuat mereka merasa bahwa kemandiriannya selama ini bukan hanya untuk kehidupannya sendiri akan tetapi bisa dibagikan pada banyak orang.

  1. Mampu menentukan nasib sendiri

Karakteristik sikap atau perilaku kemandirian seseorang pada dasarnya tergantung dari dirinya sendiri tanpa ada pengaruh maupun bujukan dari orang lain.

  1. Mampu mengendalikan diri

Adanya kontrol diri yang kuat agar tidak terbawa dalam arus atau jalan keburukan dalam hidup di lingkungan masyarakat.

  1. Bertanggung jawab

Kesadaran seseorang bahwa segala sesuatu yang menjadi tingkah lakunya akan memiki dampak atau pengaruh baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

  1. Memiliki kemampuan berpikir secara kritis dan kreatif

Kemampuan berfikir kritis dan kreatif termasuk ciri dari kemandirian. Alasannya karena kemandirian merupakan bentuk tanggung jawab dalam diri seeorang atas segala hal yang ada dalam hidupnya. Sehingga hal tersebut membuat mereka harus mampu berfikir kritis maupun kreatif agar selalu menemukan jalan keluar dari setiap masalah yang ditemukan dengan kemampuannya sendiri.

  1. Tidak merasa rendah diri jika harus berbeda pendapat dengan orang lain, berani mengemukakan pendapatnya walaupun berbeda, dan mampu menerima pendapat yang lebih benar.

Terakhir, seorang yang mandiri biasanya memiliki sikap yang senantiasi lebih tenang dan selalu mau menghormati atau bertoleransi dengan adanya banyak perbedaan. Karena melalui perbedaan pendapat, individu tersebut dapat memperoleh banyak ilmu dan pengalaman untuk kebaikan dirinya di masa mendatang.

Sikap Kemandirian

Adapun untuk contoh kemandirian yang bisa dlihat, misalnya saja;

Belajar Internet Marketing

Pada proses sosial untuk belajar internet marketing pada saat ini memanglah tidak mudah, lantaran harus mengikurti perkembangan dan algoritma serc engine. Misalnya dalam hal ini menguasai SEO agar artikel di dalam blog muncul di halaman pertama.

Sikap kemandirian yang bisa diterpakan oleh seseorang adalah dengan mencari informasi di beberapa forum kemudian mempraktekannya serta konsisten dalam belajar. Hal ini penting dilakukan untuk pemula ataupun bahwa untuk yang sudah mahir sekalipun. Lantaran dalam belajar tidak ada sebutan untuk istilah lulus, artinya memang belajar dilakuakn selama mungkin.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan karakteristik sikap kemandirian di masyarakat yang terlihat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi siapapun yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *