Ciri Fenomena Sosial dan Penjelasannya

Diposting pada

Karakteristik Fenomena Sosial

Kehidupan masyarakat pada hakekatnya sangat berhubungan dengan yang namanya interaksi sosial, proses sosial, maupun fenomena sosial. Pada dasarnya manusia memiliki karakteristik yang beragam dan hal tersebut membuatnya harus bersikap toleransi sekaligus menghormati satu sama lain.

Bahkan dengan karakter dan latar belakang kehidupan manusia yang berbeda-beda maka hal tersebut seharusnya mampu membantu masyarakat dalam menangani setiap kejadian-kejadian sosial dalam kehidupannya. Karena dengan berbagai latar belakang, manusia memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih banyak serta bermacam-macam untuk menyelesaikan berbagai masalah atau fenomena sosial.

Fenomena Sosial

Fenomena pad adasarnya berasal dari Bahasa Yunani yaitu “phainomenom” yang artinya “apa yang terlihat”. Berbicara mengenai fenomena sosial, anda sebelumnya harus mengetahui lebih dulu bahwa fenomena yaitu kejadian atau peristiwa dengan keadaan yang bisa diamati serta dinilai lewat kaca mata ilmiah atau lewat disipilin ilmu tertentu.

Sedangkan fenomena sosial yaitu kondisi atau sebuah peristiwa yang terjadi dalam lingkungan sosial karena ulah atau perbuatan dari masyarakat yang ada di sebuah lingkungan atau wilayah.

Ciri Fenomena Sosial

Karakteristik yang ada dalam fenomena sosial, antara lain;

  1. Masalah yang muncul mencerminkan atau terkait dengan kesadaran moral dari anggota masyarakat yang berdasar pada nilai-nilai dalam kehidupan masyarakat tersebut.

Umumnya memang fenomena sosial terjadi pada lingkungan sosial yang ditempati oleh banyak masyarakat. Setiap permasalahan yang timbul dikarenakan adanya bentuk ketidaksesuaian dengan nilai maupun norma yang ada di sekitar masyarakat.

Apabila permasalahan tersebut ada maka sudah tugas dan tanggung jawab masyarakat untuk mengembalikan dalam keadaan yang normal.

Tentunya semua memerlukan berbagai contoh proses sosial, namun perlu anda ketahui bahwa setiap fenomena sosial yang dialami oleh orang-orang adalah bentuk kesadaran moral dari anggota masyarakat. Seharusnya fenomena sosial membuat banyak individu semakin bahwa mereka hidup dalam lingkungan masyarakat dan harus memiliki sikap yang penuh persatuan, kedamaian, sekaligus saling menjaga satu sama lain.

  1. Munculnya keresahan umum dalam masyarakat yang berarti bahwa telah terbentuknya suatu persepsi terhadap ancaman yang dapat ditimbulkan dari masalah tersebut.

Fenomena sosial memiliki ciri mulai timbulnya keresahan dalam diri masyarakat. keadaan tersebut lambat laun membuat masyarakat merasa ada ancaman yang dapat menyerang mereka dan salah satunya yaitu munculnya suatu permasalahan sosial. Pada dasarnya fenomena sosial memang berkaitan dengan yang namanya pertentangan, kesulitan, kekacauan dan lain sebagainya.

Seseorang atau anggota masyarakat mungkin seringkali melihat adanya fenomena dan hal tersebut membuatnya merasakan pandangan pula bahwa ancaman tersebut bisa saja tertimpa pada dirinya sendiri. Sehingga mereka berusaha sekuat mungkin untuk selalu bertahan dalam kehidupan mereka dengan selalu menjalankan hidup sesuai norma maupun aturan-aturan yang harus diikuti.

Bahkan masing-masing orang akan melakukan kerja keras demi menghindari bentuk kesulitan-kesulitan yang dihadapi suatu saat nanti baik dari segi ekonomi atau yang lainnya.

  1. Timbulnya suatu kesadaran bahwa masalah tidak dapat diatasi sendiri tetapi harus ada kerjasama sesama anggota masyarakat.

Seperti yang telah disampaikan sebelum-sebelumnya, pada saat permasalahan tersebut hadir dalam ingkungan masyarakat maka hanya anggota masyarakatlah yang bisa mengatasinya. Akan tetapi perlu diketahui bahwa contoh fenomena sosial seluruh anggota masyarakat harus bekerja sama, bersatu padu, bergotong royong untuk senantiasa menyelesaikan setiap permasalahan yang muncul dalam lingkungannya.

Melalui kebersamaan dan rasa persatuan yang tinggi, maka fenomena sosial yang mengganggu kehidupan masyarakat dapat diminimalisir atau bahkan diatasi dengan begitu baik. Selanjutnya masyarakat akan hidup jauh lebih tenang dan dapat melakukan segala kegiatannya semakin baik lagi.

  1. Adanya ketidaksesuaian terhadapa nilai-nilai masyarakat

Fenomena sosial memiliki ciri berikutnya yang dijelaskan bahwa ketidaksesuaian terhadap nilai-nilai masyarakat akan berdampak buruk dan menyebabkan suatu permasalahan. Alasannya karena setiap manusia yang hidup dalam lingkungan masyarakat memang memiliki keterikatan khusus dengan nilai, norma, budaya, dan adat istiadat yang ada dilingkungan sekitarnya.

Secara otomatis setiap perilaku seseorang memang harus menyesuaikan dengan semua hal yang telah disebutkan diatas. Ketika seseorang bertindak melenceng dan tidak sesuai dengan norma maupun nilai yang ada maka permasalahan bisa timbul.

Pasalnya norma dan nilai-nilai masyarakat merupakan aturan atau cara bagi masyarakat untuk bersikap dengan baik karena didalamnya sudah sesuai dengan cara pandang hidup arti masyarakat itu sendiri.

  1. Menjadi sesuatu yang signifikan bagi warga masyarakat

Fenomena sosial yang muncul dalam kehidupan masyarakat umumnya akan sangat berpengaruh terhadap hidup masyaraat itu sendiri. Secara langung maupun tidak langsung setiap orang akan merasakan dampak yang terjadi akibat adanya fenomena sosial.

Masyarakat akan melihat suatu permasalahan adalah ancaman bagi kehidupan mereka. Oleh karena itu permasalahan senantiasi dihindari bagi mereka yang memamg menjalankan kehidupan sesuai dengan nilai-nilai masyarakat.

Akan tetapi tidak semua manusia mau untuk bersikap baik dan berada dijalur yang benar. Ada sebagain orang yang memang berusaha untuk memberontak sehingga menyebabkna suatu permasalahan muncul yang dapat memberikan ketidaknyaman bagi diri mereka sendiri maupun orang lain yang ada disekitarnya.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan karakteristik fenomena sosial yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan edukasi serta referensi untuk semua kalangan yang memerlukannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *