Ciri Badan Usaha Campuran dan Penjelasannya

Diposting pada

Ciri Badan Usaha Campuran

Manusia sebagai makhluk ekonomi dalam memenuhi kebutuhan hidupnya perlu melakukan yang namanya kegiatan ekonomi. Contoh kegiatan ekonomi itu sendiri bisa dilakukan dengan adanya badan usaha atau bisnis mulai dari perorangan, kelompok, organisasi dan sejenis lainnya.

Perlu anda ketahui dengan adanya badan usaha di suatu negara, maka masyarakatnya dapat melakukan siklus perekonomian dengan lebih mudah. Bahkan melalui hal tersebut setiap orang bisa memperoleh peluang untuk selalu mengembangkan dirinya agar bisa terus berproses dan memiliki kehidupan yang lebih baik. Pada umumnya badan usaha sendiri memiliki banyak jenisnya yang mana diantaranya adalah badan usaha campuran dan badan usaha ekstraktif.

Badan Usaha Campuran

Berbicara mengenai jenis badan usaha campuran, sebetulnya badan usaha ini termasuk salah satu jenis bisnis yang modalnya diperoleh dari pihak swasta dan suatu negara dimana bisnis itu berada. Dengan kata lain, badan usaha campuran merupakan perusahaan yang berdiri atas kepemilikan pemerintah dan pihak swasta.

Ciri Badan Usaha Campuran

Berikut dibawah ini merupakan karakteristik usaha campuran yaitu;

  1. Kepemilikan Ganda

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa badan usaha campuran merupakan badan usaha yang dimiliki oleh pihak swasta dan pemerintah. Sehingga semua bentuk kekuasaan, kewenangan, kepemimpinan, adalah tanggung jawab dari kedua belah pihak yaitu pemerintah maupun pihak swasta.

Sehingga dengan sistem kepemilikan ganda tersebut apabila dalam bisnis terjadi permasalahan maka menjadi tanggung jawab kedua belah pihak dan harus bersama-sama dalam menyelesaikan masalah yang muncul tersebut.

  1. Modal Bersama

Modal adalah bentuk aset baik berupa barang maupun uang yang bisa membantu sebuah bisnis dirikan. Karena pada dasarnya usaha tanpa sebuah modal adalah kebohongan semata. Perlu anda ketahui dalam badan usaha campuran, modal diperoleh dari pihak swasta dan pemerintah, sehingga tidak heran apabila modal dalam bisnis ini memiliki jumlah yang banyak dan berlimpah.

Biasanya penggunaan modal akan dibahas secara bersama antara kedua belah pihak, tujuannya agar saling terbukan dan tidak terjadi kendala dalam perjalanan bisnis yang akan dikembangkan nantinya. Kemudian penggunaan modal ini bisa beragam mulai dari untuk membangun sarana prasarana, pembelian bahan produksi, hingga gaji karyawan di awal-awal atau pertama kali bisnis berdiri.

  1. Untung Rugi Bersama

Karena fungsi badan usaha campuran dilakukan secara bersama-sama, maka dari itu sudah pasti bahwa setiap keuntungan dan kerugian dari usaha tersebut ditanggung pula oleh kedua belah pihak yaitu pihak swasta dan pemerintah.

  1. Berlandaskan Hukum

Badan usaha campuran sebetulnya merupakan jenis bisnis yang besar sehingga usaha ini perlu adanya aturan hukum yang mengikat. Alasannya agar sewaktu-waktu ketika ada permasalahan dalam bisnis tersebut bisa diatasi dengan lebih mudah karena telah berlandaskan hukum.

  1. Pengelolaan dilakukan secara bersama

Badan usaha campuran pada umumnya pengelolaan bisnisnya dilakukan secara bersama-sama antara pihak swasta maupun pemerintah. Melalui pengelolaan bersama ini maka antara kedua belah pihak dapat melakukan pemantauan secara bersama dan adanya keterbukaaan satu sama lain.

  1. Memberikan peluang bagi masyarakat luas dalam hal pekerjaan

Bisnis ini memiliki ciri tersendiri khususnya untuk masyarakat luas yaitu berupa peluang baru dan lebih luas agar setiap orang bisa memperoleh pekerjaan yang mereka butuhkan. Sehingga secara tidak langsung akan mengurangi jumlah pegangguran yang ada disuatu negara.

  1. Bisnis didirikan atas perencanaan yang matang

Setiap ide, gagasan, ataupun masukan-masukan dalam badan usaha campuran ini umumnya telah direncanakan dengan begitu baik dan secara matang. Karena bisnis ini harus berhasil dalam kegiatannya karena bergerak dalam sektor ekonomi yang bisa menunjang segala kebutuhan manusia.  

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa badan usaha campuranadalah suatu badan usaha yang dikelola, dikendalikan, dan dimiliki oleh pemerintah serta pihak swasta. Sehingga setiap modal maupun keuntungannya sama – sama berasal dan akan kembali kepada kedua belah pihak tersebut yaitu pemerintah maupun pihak swasta.

Sebagai informasi bahwa badan usaha campran ini tidak semata-semata untuk menguntungkan pemerintah atau pihak swasta saja. Akan tetapi badan usaha campuran memiliki tujuan pula yaitu memaksimalkan kegiatan usaha dengan sebaik-baiknya agar setiap masyarakat bisa terpenuhi kebutuhannya dan sekaligus membuka lapangan kerja yang jauh lebih banyak untuk orang-orang.

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan karakteristik badan usaha campuran dan penjelasannya. Semoga memberikan edukasi serta referensi bagi kalian yang sedang memperlukannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *