Bentuk Fenomena Sosial di Masyarakat

Diposting pada

Jenis Fenomena Sosial

Fenomena sosial bisa dimaknai sebagai segalasesuai peristiwa dalam ilmu sosial yang dapat dilihat dengan menggunakan panca indera manusia sebagai makhluk sosial dan bisa diterangkan, dijelaskan, serta dinilai secara ilmiah. Ole karena itulah berbagai bentuk fenomena sosial digolongkan sebagai fakta atau kondisi nyata yang bisa ditemukan di lapangan.

Oleh karena itulah setiap ciri fenomena sosial memang bisa ditemukan dalam jangka waktu kapanpun dan dimanapun.

Fenomena Sosial

Fenomena sosial adalah serangkaian gejala sosial yang terjadi dalam bentuk peristiwa, yang secara nyata dilihat secara langsung dalam kehidupan sosial. Fenomena sosial pada umumnya juga dapat terjadi karena adanya peristiwa atau kejadian akibat dari kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat.

Sebagai informasi bahwa dalam ilmu sosial, khususnya arti sosiologi menjelaskan fenomena sosial di diidentikkan dengan masalah sosial karena adanya ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau pengaruh struktur masyarakat dalam suatu lingkungan tertentu.

Bentuk Fenomena Sosial

Fenomena sosial yang dipengaruhi faktor budaya dan struktural masyarakat ini pada dasarnya memiliki beberapa jenis diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Ekonomi

Fenomena sosial yang berkaitan dengan masalah ekonomi biasanya berkaitan erat dengan persoalan penghasilan, masalah kemiskinan, tingginya tingkat pengangguran dan lain sebagainya. fenomena sosial karena pengaruh ekonomi biasanya dapat berdampak pula dengan munculnya sebuah kriminalitas di suatu daerah.

Sebagai informasi bahwa fenomena sosial dalam ranah motif ekonomi juga bisa membuat seseorang mengalami kondisi atau keadaan yang terpuruk. Karena secara tidak langung permasalahan ekonomi memang berpengaruh pada pelaksanaan keberlangsungan hidup manusia agar menjadi lebih mudah.

  1. Budaya

Fenomena sosial pada jenis budaya umumnya terjadi karena pertentangan antara budaya satu dengan lainnya antar suatu daerah.

Karena perbedaan budaya tersebut terkadang ada sebagian golongan masyarakat yang tidak mau untuk untuk melakukan akulturasi dengan baik, sehingga menimbulkan permasalahan sosial karena adanya pertentangan maupun penolakan budaya lain yang datang.

  1. Lingkungan Alam

Lingkungan alam termasuk salah satu jenis fenoma sosial yang ada di lingkungan masyarakat. Perlu anda ketahui bahwa dengan terjadinya permasalahan lingkungan alam membuat keadaan hidup manusia menjadi lebih terguncang. Alasannya karena setiap orang kemungkinan merasakan kerugian dari hilangnya harta benda, bahkan mungkin kehilangan nyawa, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu fenomena yang terjadi pada lingkungan alam sangat menganggu kehidupan manusia secara normal. Apabila fenomena sosial semacam ini terjadi maka diperlukan banyak uluran tangan untuk membantu para korban bencana alam.

  1. Psikologis

Terakhir, jenis fenomena sosial yang ada hubungannya dengan kajian psikologis biasanya ada kaitannya dengan masalah mental, perilaku, maupun gangguan kejiwaan yang sedang dialami seseorang. Apabila kejadian semacam ini terjadi maka seseorang harus diberi rasa semangat dan diaga dengan baik agar kehidupannya tetap ada yang memperhatikan dengan baik dan tidak merasa ditelantarkan begitu saja.

Bahkan gangguan orang dalam masalah psikisnya apabila memang sudah parah, perlu dibawa kedokter yang mampu menangani permasalahannya dengan baik. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Tujuannya agar permasalahan semacam ini dapat diminimalisir dan membuat kehidupan masyarakat jauh lebih tenang.

Contoh Fenomena Sosial

Adapun untuk contoh nyata yang menjadi bagian daripada fenomena sosial di masyarakat pada saat ini. Misalnya saja sebagai berikut;

Bantuan Salah Sasaran

Proses pemberian bantuan yang salah sasaran menjadi bentuk fenomena sosial di Indonesia. Bahkan peristiwa ini terjadi secara berulang dari masa ke masa. Baru-baru ini misalnya bantuan salah sasaran juga menimpa masyarakat ketika adanya pemberian subsidi oleh pemerntah bagi UMKM yang terkena dampak Covid atau Pandemi Corona.

Atas peristiwa tersebutlah masyarakat bisa dikatakan ada yang benar-bener membuatuhkan tetapi tidak memperoleh dan masyarakat yang tidak membutuhan malah memperoleh. Meski memang upaya untuk menanggulangi atau mengetasinya sudah ada tetapi tetep saja proses ini sulit untuk ditangani, terkecuali jikalau pemerntah secara langsung turun di lapangan.

Nah, demikinalah artikel yang bisa diberikan pada segenap pembaca berkenaan dengan macam-macam fenomena sosial yang ada di masyarakat beserta dengan contohnya. Semoga memberikan pemahaman untuk semua kalangan yang memperlukannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *