Pengertian Bakat Mekanik, Faktor, dan Contohnya

Diposting pada

Bakat Mekanik

Dalam kehidupan ini manusia sebagai makhluk sosial akan selalu dihadapkan pada berbagai hal yang berkaitan dengan kemampuan pada dirinya sendiri maupun yang bisa dipelajari dengan lebih baik lagi. Berbicara mengenai kemampuan seseorang, anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar istilah bakat?

Pada dasarnya bakat yang ada pada diri individu sangat berkaitan erat dengan yang namanya minat. Bakat menjadi salah satu kemampuan yang dimiliki manusia sejak lahir dan bisa dikembangkan dengan lebih baik melalui latihan-latihan yang dilakukannya. Kemampuan atau bakat yang ada dalam diri seseorang ini bisa terlaksana dengan baik pula apabila individu tersebut juga memiliki jenis minat pada bakat yang ada di dirinya tersebut. Bakat juga ada banyak macamnya, dan diantaranya yaitu bakat mekanik.

Bakat Mekanik

Bakat mekanik hakekatnya merusakan suatu keadaan yang ditunjukkan pada diri seseorang mengenai potensi atau kemampuan yang dimilikinya dengan cara melakukan berbagai latihan atau keterampilan tertentu untuk memperoleh suatu ketrampilan khusus yang berhubungan dengan mekanikina kehidupan.

Disisini lain, jenis bakat mekanik dapat dilihat dalam memainkan alat musik, bakat berhitung, bakat berkomunikasi, bakat menulis dan lain sebagainya.

Pengertian Bakat Mekanik

Bakat mekanik adalah kemampuan yang menjadi potensi dalam diri seseorang mengenai ketrampilan khusus yang dimilikinya seperti prinsip-prinsip ilmu pengetahuan alam, pengetahuan alat atau mesin-mesin, dan bentuk mekanik lainnya.

Makna ini meilustrasikan bahwa bakat mekanik ini bukanlah arti bakat umum yang semua orang bisa mendapatkannya dengan mudah. Karena bakat mekanik termasuk bagian dari bakat khusus yang hanya dimiliki orang-orang tertentu.

Pengertian Bakat Mekanik Menurut Para Ahli

Adapun definsini bakat mekanik menurut para ahli, antara lain;

  1. Kartini kartono pada tahun (1979)

Bakat mekanik adalah segala sesuatu yang terjadi dan berkaitan dengan berbagai hal atau faktor-faktor yang ada dalam diri seseorang serta telah di miliki sejak lahir dan bisa meningkatkan kemampuan sesorang mengenai suatu keahlian, ketrampilan, kecakapan tertentu.

Disini bakat mekanik juga mempunyai sifat yang begitu potensial, maka dari itu harus selalu dikembangkan secara bertahap agar kemampuan tersebut terus meningkat dan lebih dalam lagi.

  1. Utami Munandar pada tahun (1985)

Bakat mekanik adalah serangkaian potensi atau kemampuan yang dimiliki seseorang sejak dari lahir, dimana seseorang tersebut harus selalu mengembangkan potensinya agar lebih mendalam lagi serta perlu melakukan berbagai latihan demi terciptanya bakat yang lebih unggul dan berkualitas sekaligus mampu mewujudkan segala impiannya.

Faktor yang Mempengaruhi Bakat Mekanik

Beberapa fakor yang mempengaruhi bakat mekanik, antara lain;

Internal

Faktor internal adalah faktor yang terjadi dalam diri seseorang itu sendiri sehingga bisa mempngaruhi kemampuan yang mereka miliki untuk bisa lebih dikembangkan. Yang terdiri atas;

  1. Minat adalah keinginan individu untuk bisa melakukan suatu hal yang menjadi kesenangannya terutama yang berkaitan dengan kemampuan mereka.
  2. Motif berprestasi, keinginan dalam diri seseorang untuk mencapai tingkat prestasi yang baik sehingga berusaha sebisa mungkin untuk dapat melakukan kemampuan atau tindakan – tindakan yang baik sesuai dengan ketrampilan khusus yang dimilikinya.
  3. Keberanian mengambil resiko.
  4. Keuletan menghadapi tantangan, yang mengarahkan individu untuk selalu bersemangat dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi berbagai hal. Terutama dalam berusaha untuk selalu meningkatkan kemampuan yang mereka miliki agar lebih baik dan bagus lagi.
  5. Pengaruh unsur genetik, tentunya faktor ini berhubungan dengan intelektual, cara berfikir, cara komunikasi dan lain sebagainya yang berkaitan dnegan faktor turunan dari orang tua.
Eksternal

Faktor ekstrernal adalah faktor yang melibatkan hal-hal dari luar diri individu yang pada akhirnya mampu mendorong seseorang untuk meningkatkan kemampuan atau bakat yang dimilikinya. Faktor eksternal meliputi beberapa macam yaitu sebagai berikut ini;

  1. Latihan
  2. Kesempatan atau peluang dalam mengembangkan diri
  3. Sarana dan Prasarana
  4. Dukungan dan dorongan dari keluarga
  5. Lingkungan tempat tinggal
  6. Pola asuh orang tua

Contoh Bakat Mekanik

Adapun untuk contoh bakat mekanik antara lain sebagai berikut;

  1. Teknisi listrik

Seseorang yang melakukan pekerjaan dalam dunia teknis listrik dan tentunya mereka harus memiliki kemampuan yang begitu baik mengenai perkabelan, pengoperasian mesin diesel, panel listrik dan hal lainnya yang berhubungan erat dengan listrik.

  1. Teknisi medis

Seorang teknisi medis tentunya harus bisa memahami segala seluk beluk dunia kesehatan terutama pada penggunaan berbagai bagian alat-alat yang digunakan dalam bidang kesehatan itu sendiri. Sehingga teknisi medis ini menjadi salah satu bakat mekanik yang mudah ditemukan.

  1. Teknisi mesin kendaraan

Teknisi mesin kendaraan merupakan pekerjaan seseorang yang berhubungan dengan mesin-mesin kendaraan roda dua maupun roda empat dan harus bisa melihat setiap kerusakan yang ada pada mesin tersebut serta bisa memperbaikinya.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa bakat mekanik masuk dalam kategori bakat khusus ini memang hanya orang-orang tertentu yang memilikinya. Contoh bakat mekanik dalam pekerjaan seseorang yaitu seorang teknisi mesin. Anda pasti meyakini bahwa segala sesuatu ada ahli didalamnya, mulai dari bidang musik, kesenian, kesehatan, hingga persoalan mesin atau alat-alat tertentu.

Sama halnya dengan keyakinan tersebut, bahwa bakat mekanik ini salah satu contohnya yaitu ahli teknisi mesin, teknisi listrik, teknisi mobil/kendaraan, teknisi alat-alat medis, dan lain sebagainya. memang pada dasarnya ahli teknisi dibedakan menjadi beberapa hal seperti contoh diatas. Alasannya karena tidak semua kemampuan mesin bisa digunakan pula pada bidang teknis kesehatan ataupun listrik.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian bakat mekanik menurut para ahli, faktor, dan contohnya yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi wawasan.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *