Pengertian Bakat Abstrak, Faktor, dan Contohnya

Diposting pada

Bakat Abstrak Adalah

Berbicara mengenai bakat abstrak pada dasarnya setiap manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi memilikinya sendiri-sendiri dan tidak semua orang bisa disamakan jenis bakatnya antara yang satu dengan lainnya.

Walaupun setiap individu sudah memiliki bakat abstrak secara masing-masing, namun bakat abstrak ini tidak bisa dilihat secara langsung dengan begitu saja. Oleh karena itu setiap individu harus didorong agar memiliki motivasi yang tinggi dalam mengembangkan bakatnya. Karena dengan motivasi tersebut setiap orang akan merasa lebih semangat dan percaya diri akan kemampuan yang ada dalam dirinya sendiri.

Bakat Abstrak

Bakat atau yang dikenal pula dengan istilah aptitude adalah kemampuan seseorang yang sudah dimiliki sejak lahir dan potensi tersebut tetap perlu untuk dikembangkan dengan baik melalui latihan-latihan yang rutin agar bisa mencapai ketrampilan dan pengetahuan khusus.

Yang perlu dipahai arti bakat ada banyak sekali seperti contohnya bakat dalam bidang olahraga, bakat dalam hal kemampuan berbahasa, bakat menggambar atau melukis, bakat memainkan alat-alat musik, dan lain-lain. Akan tetapi yang pasti, khusus untuk bakat abstrak menjadi bakat yang terpendam dan perlu untuk mengasah kemampuan agar arti potensi dirinya bisa hadir secara maksimal.

Pengertian Bakat Abstrak

Bakat abstrak adalah bakat yang dimiliki seseorang dan tidak berkaitan dengan yang namanya angka maupun kata. Akan tetapi bakat abstrak ini lebih menuju kearah pola, ukuran, rancangan, serta posisi-posisi tertentu. Hal ini tentunya tidak semua orang memiliki bakat abstrak, terlebih lagi bakat ini dianggap juga sebagai bakat khusus yang memerlukan latihan-latihan pula untuk mengembangkan setiap potensi atau kemampuan bakat ini.

Pengertian Bakat Abstrak Menurut Para Ahli

Adapun definisi bakat abstrak menurut para ahli, antara lain;

  1. Bingham (1986), Bakat abstrak adalah situasi kondisi atau karakteristik maupun kemampuan yang ada dalam diri seseorang dengan adanya suatu latihan khusus yang dilakukan agar bisa memperoleh suatu pengetahuan, kecakapan, dan keterampilan khusus berupa bakat bermain musik, kemampuan berbahasa dan lain sebagainya.
  2. Crow, Bakat abstrak adalah kondisi yang menunjukkan suatu kualitas baik dan terlihat pada pola perilaku individu atau manusia pada bidang keahlian tertentu, contohnya dalam hal keahlian seni, kemampuan bermain musik, kemampuan pengetahuan ilmu pelajaran, kemampuan bidang mesin, dan lain sebagainya.

Faktor yang Mempengaruhi Bakat Abstrak

Beberapa faktor yang mempengaruhi bakat abstrak, antara lain;

  1. Lingkungan

Faktor lingkungan memang menjadi salah satu aspek yang memengaruhi bakat abstrak seseorang. Walaupun pada dasarnya lingkungan tidak akan bisa mengubah seorang individu secara kompleks tanpa melebihi batas kemampuan yang dimiliki individu tersebut.

Namun lingkungan yang mendukung bakat pada diri seseorang tersebut secara tidak langsung juga dapat menambah motivasinya untuk terus berkembang dan lebih baik lagi.

  1. Minat individu yang bersangkutan

Pengertian minat yaitu sebagai suatu keinginan dalam diri seseorang akan sesuatu yang ingin dilakukannya demi merealisasikan kegiatan tersebut dibutuhkan kemampuan atau bakat dalam diri seseorang. Maka dari itu seringkali bakat dan minat dihubungkan menjadi satu kesatuan.

Bakat abstrak akan terealisasikan dengan baik apabila diikutsertakan suatu minat yang cukup tinggi pula pada bidang atau ketrampilan-ketrampilan khusus. Contohnya bakat seseorang dalam bidang musik, namun individu tersebut tidak memiliki minat yang tinggi dalam bidang musik tersebut. Maka yang terjadi bakat ini akan kurang berkembang dengan baik pula.

  1. Motivasi yang dimiliki individu

Motivasi juga menjadi faktor penting untuk menunjang berkembangnya bakat pada diri seseorang. Motivasi yang tinggi akan mendorong rasa semangat yang tinggi pula pada diri seseorang, sehingga mereka akan lebih percaya diri dalam merealisasikan kemampuan atau bakat yang ada dalam dirinya.

Karena pada dasarnya motivasi sangat berkaitan erat dengan yang namanya perjuangan individu untuk mencapai tujuan yang ingin diraihnya.

  1. Nilai hidup yang dimiliki individu

Nilai hidup yang dimaksud disini merupakan bagaimana cara seseorang dalam memahami atau meyakini konsep hidup yang ada dalam dirinya sendiri.

Bakat abstrak atau kemampuan yang ada dalam diri seseorang ini tidak bisa terwujud dengan baik apabila mereka tidak memiliki arti hidup yang postif dalam dirinya sendiri. Bakat abstrak semacam ini salah satu contohnya yaitu bisa menjadi sebagai bintang film, karena mereka bisa berkolaborasi dengan berbagai adegan-adegan acting yang kurang lebih memainkan sebuah peran dalam kehidupan.

  1. Kepribadian individu

Faktor kepribadian individu juga sangat penting dalam mendukung kemampuan atau bakat yang ada dalam diri seseorang. Kepribadian individu ini bisa berupa konsep diri, keuletan, rasa percaya diri, maupun keteguhan dalam melakukan berbagai hal usaha dan siap menerima berbagai saran serta kritik untuk memperbaiki segala kekurangan yang ada dalam dirinya.

Tentunya dengan kepribadian yang baik ini pula akan membuat individu dengan lebih mudah bisa menerima hal-hal yang perlu diperbaiki dalam setiap kemampuannya dan bisa membuatnya semakin berkembang lagi.

  1. Maturity (kematangan)

Perlu anda ketahui bahwa bakat atau kemampuan dalam diri seseorang akan semakin baik apabila telah memasuki tahap kematangan yang baik pula. Tingkat kematangan bakat ini tentunya tidak bisa diprediksi dengan begitu saja, karena setiap kemampuan pada diri seseorang harus selalu dikembangkan dan dilatih hingga bisa mencapai tingkat kematangan yang baik.

Maka dari itu faktor maturity ini dianggap pula sebagai salah satu faktor yang penting dalam mempengaruhi bakat. Karena dengan kematangan yang semakin baik, akan bisa dilihat kemampuan atau potensi seseorang dalam bidang-bidang tertentu.

Contoh Bakat Abstrak

Adapun untuk contoh yang termasuk dalam bakat abstrak, antara lain;

  1. Profesi arsitektur

Profesi arsitektur ini umumnya melakukan tahapan desain dari konsep perancangan, sebelum rancangan, pengembangan rancangan, pembuatan gambar kerja, proses konstruksi dan pengawasan secara berkala. Bahkan pekerjaan dibidang arsitek ini juga dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

  1. Jasa arsitek dibidang desain industri, Biasanya seorang arsitek dibidang ini akan melakukan perancangan mengenai bangunan industri seperti pabrik, bendungan, jembatan, bank, gudang, bandara udara, pombensin, dan lain sebagainya.
  2. Jasa arsitek bidang pertamanan, Arsitek yang mendesain lingkungan luar mengenai kebun, taman, pekarangan dan lain-lain.
  3. Jasa arsitek bidang desain komersial, Seorang arsitek yang mendesain bangunan komersial seperti pusat perbelanjaan dan lain sebagainya.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa bakat khusus berupa bakat abtsrak ini memang sangat identik dengan kemampuan seseorang dalam melakukan rancangan, ukuran, bentuk, diagram dan lain sebagainya. Sehingga dari sanalah bakat ini diberi dengan bakat abstrak yang berhubungan secara langsung dengan sebuah ruangan.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami jelaskan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian bakat abstrak menurut para ahli, faktor pendorong, dan contohnya yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi wawasan bagi semua kalangan.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *